Pendidikan

Tandang ke Makassar, UIN Malang Sabet Juara Umum OSKI PTKI 2019

Minggu, 17 November 2019 - 21:06 | 173.32k
Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, Prof. Dr.  Arskal Salim, M.Ag dalam acara OSKI 2019. (Foto: Istimewa)
Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, Prof. Dr. Arskal Salim, M.Ag dalam acara OSKI 2019. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) sukses menyabet posisi juara umum pada ajang Olimpiade Sains dan Karya Inovatif Perguruan Tinggi Keagamaan Islam 2019 (OSKI PTKI 2019) di Makassar. 

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, (14-16/11/2019) ini dilaksanakan oleh Direktorat PTKI, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Prestasi prestisius dicapai setelah Kampus Ulul Albab ini berhasil mengantongi medali 5 emas, 4 perak, 4 perunggu, dan 3 honorable.

Sementara untuk posisi kedua diraih UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan medali 2 emas, 1 perak, 1 perunggu, dan 1 honorable.

Kemudian disusul UIN Alaudin Makassar di peringkat ketiga dengan medali 1 emas, 2 perunggu, dan 1 honorable.

Untuk diketahui, OSKI adalah ajang adu pintar dalam dunia sains dan karya inovatif di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTKI). 

Tahun 2019 ini OSKI pertama dilaksanakan dengan mengusung tema Peran dan Tantangan Sains dan Teknologi Menuju Revolusi Industri 4.0 Sintesis, Karakterisasi, dan Properti.

Berbagai bidang yang dilombakan pada OSKI 2019, di antaranya Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Karya Inovasi Mahasiswa dan Dosen, dan Karya Inovasi Dosen.

Tak mudah mengikuti ajang bergengsi ini. Setelah melalui seleksi tahap pertama di masing-masing kampus, terdapat 29 kampus yang berhasil meloloskan wakilnya ke puncak acara di Makassar. 

OSKI 2019 dibuka oleh Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb, di Baruga Angin Mammiri, Kamis (14/11/2019) malam.

Menurut Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, Prof. Dr. Arskal Salim, M.Ag, acara ini sengaja dikonsep agar kampus Islam dapat unjuk gigi dalam kompetisi ilmiah.

Sementara, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Suwendi, M.Ag menjelaskan tujuan acara ini digelar. "Tujuan OSKI ada dua, yaitu integrasi keilmuan dan transformasi kelembagaan," ungkapnya. 

Acara dimeriahkan dengan expo dari peserta Lomba Karya Inovasi, juga stand PTKI, MTs, MA, Unit Pemerintah dan Swasta. 

Acara ditutup oleh Wakil Menteri Agama RI H. Zainut Tauhid. Ia juga berkesempatan mengunjungi stand-stand expo pada hari kedua. Zainut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

OSKI PTKI 2019 berlangsung meriah. Rombongan peserta dari UIN Malang yang berhasil meraih juara umum kembali ke Malang dengan membawa kabar gembira bagi seluruh civitas akademika kampus yang berada di Jalan Gajayana No. 50 Kota Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES