Peristiwa Daerah

Meriahkan HUT NTB ke-61, PMI Lombok Barat akan Gelar Donor Darah Massal

Minggu, 17 November 2019 - 19:33 | 160.39k
Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid (Kanan) bersama Sekretaris PMI Lombok Barat, Ahmad Mustarudin Efendi dalam sebuah acara di Lombok Barat.(Foto: Istimewa)
Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid (Kanan) bersama Sekretaris PMI Lombok Barat, Ahmad Mustarudin Efendi dalam sebuah acara di Lombok Barat.(Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Dalam rangka menyambut HUT NTB ke-61, PMI Lombok Barat akan menyelenggarakan donor darah massal, pada 5 Desember 2019 mendatang.

Kegiatan aksi sosial donor darah ini direncanakan berlangsung di halaman Unit Donor Darah PMI Lombok Barat di Jalan Bung Hatta 3 B, Kota Mataram, mulai pukul 08.00 WITA.

Sekretaris PMI Lombok Barat, Ahmad Mustarudin Efendi menjelaskan, acara donor darah itu merupakan hasil kerjasama PMI Lombok Barat dengan pihak TNI AL yang memperingati HUT armadanya. Selain itu juga dalam rangkaian perayaan HUT NTB ke-61.

"Acara donor massal ini akan diisi juga dengan penyerahan penghargaan oleh Bupati Lombok Barat, bapak Fauzan Khalid selaku Ketua PMI Lombok Barat," katanya kepada TIMES Indonesia, Minggu (17/11/2019).

Pria yang akrab disapa Ane ini menerangkan bahwa selain kepada pendonor aktif yang mendonorkan darahnya sampai 175 kali, Ketua PMI Lombok Barat juga akan memberikan penghargaan kepada pendonor yang aktif mensosialisasikan donor darah dan instansi aktif serta rumah sakit mitra PMI.

"Untuk instansi aktif, kita mencatat Bank Indonesia dan PLN sebagai instansi aktif yang mendorong karyawannya sebagai pendonor," ucapnya.

Donor darah massal ini juga, kata Ame, ditujukan untuk mengenalkan unit donor darah yang dipunyai PMI Lombok Barat dan mengurangi jumlah pendonor pengganti.

"Kita ingin mengurangi jumlah pendonor pengganti. Idealnya secara nasional itu 5 persen. Kita sekarang masih ada di angka 16 persen," ungkap Ame.

Sementara, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid selaku Ketua PMI Lombok Barat mengharapkan, kegiatan ini bisa dihadiri oleh sebanyak-banyaknya orang.

"Kita harap bisa melampaui target. Kalau bisa melampaui angka delapan ratusan pendonor seperti yang pernah kita capai beberapa waktu lalu," tuturnya.

Menurut Fauzan, stok darah di Rumah Sakit sangat dibutuhkan untuk tetap tersedia. "Untuk itu kita tetap meminta agar para pendonor ini bisa mensosialisasikan penting dan manfaatnya mendonorkan darah," kata Fauzan.

Sebagai informasi, kegiatan donor darah massal dalam rangka menyambut HUT NTB ke-61 itu, PMI Lombok Barat menargetkan 500 kantong darah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES