Peristiwa Daerah

Angin Kencang di Desa Sumberbrantas Mereda

Minggu, 17 November 2019 - 19:45 | 52.87k
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si mengunjungi lokasi bencana alam di Desa Sumberbrantas. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia) 
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si mengunjungi lokasi bencana alam di Desa Sumberbrantas. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATUAngin kencang di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mulai reda, Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Begitu juga pada dua desa lain, yakni Desa Tulungrejo dan Desa Sumbergondo. Hanya sesekali terpantau tiupan angin terasa agak kencang. Meski begitu, kondisi udara di Desa Sumberbrantas sudah bersih dari debu. 

BMKG Juanda menginformasikan kecepatan angin mencapai 28 km/jam hingga 30 km/jam. Malam ini diperkirakan angin sudah stabil. 

"Sampai sore ini kecepatan angin maksimum turun menjadi 20 km/jam dan dapat mencapai 10 hingga 15 km/jam pada malam hari ini," kata Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochiim. 

Dewanti-Rumpoko-2.jpg

Saat ini pantauan tim gabungan melihat kondisi angin dan udara di Desa Sumberbrantas sudah kondusif. 

Jumlah total pengungsi yang melaksanakan evakuasi mandiri di Balai Desa Tulungrejo terdata sebanyak 270 jiwa. 

"Mempertimbangkan kondisi Desa Sumberbrantas yang sudah kondusif, direncakan akan dilaksanakan pemulangan pengungsi. Saat ini masih dipersiapkan proses pemulangan pengungsi dan makan malam juga sedang dipersiapkan," kata Rochiim.

Saat ini kondisi di Desa Sumberbrantas berangsur pulih, listrik sudah menyala, jalan Batu - Mojokerto melalui Cangar sudah dibuka kembali. 

"Data sementara hasil pendataan kerusakan rumah dan bangunan, tercatat 10 rumah warga di Desa Sumbergondo mengalami kerusakan. Sedangkan data kerusakan di Desa Sumberbrantas dan Desa Tulungrejo masih belum final," kata Rochiim. 

Sementara itu Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si berkunjung ke lokasi bencana dengan didampingi beberapa pejabat.

Wali Kota memberikan beberapa arahan penanganan angin kencang yang terjadi di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES