Peristiwa Daerah

Apoteker DIY Ingatkan Aturan Minum Obat Dengan Benar

Minggu, 17 November 2019 - 19:27 | 116.13k
Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia, (PD IAI) DIY Dr Nanang Munif Yasin M.Pharm. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia, (PD IAI) DIY Dr Nanang Munif Yasin M.Pharm. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia, (PD IAI) DIY Dr Nanang Munif Yasin M.Pharm mengatakan aturan dalam mengkonsumsi obat masih seringkali diabaikan oleh sebagian masyarakat. Misalnya, apakah obat itu harus diminum sesudah atau sebelum makan. Padahal kesalahan aturan minum obat itu bisa fatal akibatnya.

“Tak semua obat bisa diminum sesudah makan, ini yang sering salah kaprah di masyarakat kita karena keengganan mencari informasi dan bertanya,” kata Nanang, Minggu (16/11/2019).

Nanang mencontohkan kasus penderita diabetes misalnya. Ketika penderita itu dianjurkan mengkonsumsi obat dengan kandungan metformin, aturannya perut harus sudah terisi dulu makanan baru dianjurkan minum obat itu. Jika tidak diikuti aturan itu, penderita akan berpotensi mengalami gangguan lambung atau usus.  

Sedangkan contoh lain obat yang aturannya diminum sebelum makan atau perut terisi yakni untuk penderita hipertensi dan gagal jantung, yakni captopril. Obat jenis ini harus diminum justru saat perut kosong karena jika ada makanan di perut maka justru akan mengganggu penyerapan obat itu dan obat akhirnya malah tak bekerja menurunkan tensi penderita.

Nanang menuturkan selama masa kampanye  peringatan hari apoteker sedunia tahun ini, sejak September hingga November ini pihaknya menyebar setidaknya 700 spanduk di sejumlah titik strategis DIY untuk mengkampanyekan patient safety atau keamanan pasien dalam mengkonsumsi obat.

“Kami serukan agar obat harus aman dikonsumsi pasien, banyak obat maka harus banyak apoteker yang memberi edukasi,” ahli Farmasi UGM ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES