Wisata

Candi Simping Blitar akan Dihiasi Lentera pada Pagelaran Getih Getah Gula Klapa

Minggu, 17 November 2019 - 17:26 | 93.51k
Panitia sedang menyiapkan lentera untuk menerangi Candi Simping sebagai tempat digelarnya Getih Getah Gula Klapa, Minggu (17/11/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Panitia sedang menyiapkan lentera untuk menerangi Candi Simping sebagai tempat digelarnya Getih Getah Gula Klapa, Minggu (17/11/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARGetih Getah Gula Klapa akan digelar malam ini, Minggu (17/11/2019). berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia, salah satunya adalah menyiapkan lentera untuk menerangi dan mempercantik Candi Simping sebagai tempat digelarnya acara itu.

Di depan komplek candi yang berada di desa Sumberjati Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar itu juga telah berdiri sebuah panggung menghadap ke Timur. Panggung itu, nantinya akan dipakai untuk pementasan berapa seniman pengisi acara Getah Getih Gula Klapa.

Dikatakan Rahmanto Adi, Ketua Panita Getah Getih Gula Klapa, acara itu mengusung konsep panggung terbuka dengan permainan lighting yang menawan.

"Nanti akan diawali dengan sambutan sambutan,dan kemudian pementasan seni oleh beberapa seniman," katanya kepada TIMES Indonesia di tengah persiapan.

Dalam Getih Getah Gula Klapa, dikatakan pria yang akrab disapa Anto itu, nanti juga akan ada prosesi Kirab Pataka Majapahit yang melibatkan 70 pemuda Karang Taruna desa Sumberjati.

"Kirab Pataka dimulai dari kantor desa Sumberjati kemudian nanti diterima  bupati untuk dilanjutkan masuk ke Candi Simping," urainya.

Getih Getah Gula Klapa tahun ini mengambil tema Cucuk Lampah yang bermakna sebagai langkah awal pintu peradaban mewujudkan adanya pusat kajian Majapahit dan perabadaban Nusantara di Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Raja Majapahit. "Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kembali komplek Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya kepada masyarakat," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES