Peristiwa Daerah

KNPI NTB Dukung Perubahan Nama Bandara Internasional Lombok

Minggu, 17 November 2019 - 16:47 | 112.72k
Ketua KNPI NTB Lalu Wire Kencana. (FOTO: KNPI NTB)
Ketua KNPI NTB Lalu Wire Kencana. (FOTO: KNPI NTB)

TIMESINDONESIA, MATARAMKetua KNPI NTB Lalu Wire Kencana menilai, perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) yang disahkan melalui SK Menteri Perhubungan No: 1421 merupakan penghargaan dan penghormatan kepada Pahlawan Nasional asal NTB yakni TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

"Kami selaku generasi muda NTB harus mengapresiasi penuh perubahan nama bandara ini, sosok Ulama Besar putra daerah NTB sebagai pahlawan Nasional yang mengharumkan nama NTB, kemudian nama beliau disematkan sebagai nama bandara internasional adalah penghargaan yang sangat luar biasa," katanya, kepada TIMES Indonesia, Minggu (17/11/2019).

Ia menerangkan bahwa SK Menteri Perhubungan terkait perubahan nama bandara, sudah ada instruksi pelaksanaan melalui SK Gubernur NTB Nomor : 550/375/dishub/2019 tentang pelaksanaan keputusan menteri perhubungan RI nomor 1421 thn 2018.

Menurutnya, kalau terjadi pro kontra terkait perubahan nama bandara itu adalah hal yang biasa. Namun yang harus dipahami bersama bahwa perubahan nama bandara ini dilakulan oleh negara dan berkekuatan hukum.

"Karena Almagfurullah Maulana Syekh tidak hanya milik masyarakat NTB, namun milik bangsa Indonesia. Kami dari KNPI mendukung penuh perubahan nama bandara karena itu bagian dari kewajiban kita sebagai tanda terimakasih atas perjuangan beliau," ucap Miq Wire sapaan akrabnya.

Lebih jauh, Wire memaparkan bahwa nama Bandara yang diambil dari nama Ulama (pahlawan nasional) tentu harus bisa mencerminkan ketokohan dan pengelolaan bandara yang sesuai dengan nilai-nilai agama, budaya dan nilai sosial masyarakat NTB. 

Ia berharap kepada tokoh pemuda untuk saling mendukung dan tidak melakukan hal-hal yang sifatnya provokatif.

"Maari kita sama-sama hormati, kita laksanakan sesuai tugas masing-masing. Yang harus kita dorong sekarang adalah bagaimana Bandara ini  dikelola lebih profesional, lebih baik kedepannya sesuai dengan kearifan lokal yang kita miliki," kata Ketua KNPI NTB, Lalu Wire Kencana menanggapi perubahan nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES