Peristiwa Daerah

Peringatan Maulud Nabi Dijadikan Momentum Perkuat Akhlak dan Tingkatkan Toleransi 

Minggu, 17 November 2019 - 11:33 | 133.61k
Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali dalam menyampaikan sambutannya perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Aljihad Waingapu. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali dalam menyampaikan sambutannya perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Aljihad Waingapu. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW diharapkan menjadi momentum penguatan akhlak dan toleransi antar umat beragama di Waingapu, NTT.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sumba Timur saat acara Maulid Nabi di Masjid Agung Aljihad  Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (16/11/2019). Acara ini  juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD Sumba Timur Forkopimda, pimpinan Ormas serta sejumlah masyarakat Kota Waingapu.

Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali mengatakan, memperingati Maulud Nabi harus bisa memperkuat akhlak generasi muda dan tingkatkan ukhuwah serta toleransi antar umat beragama untuk Kabupaten Sumba Timur yang maju dan damai.

“Tema ini memberikan gambaran bahwa momentum peringatan ini mengisaratkan kepada kita semua agar generasi muda Islam harus diperkuat akhlak dan mental spiritual karena dengan akhlak mental itu sebagaimana dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW kepada kita,” kata Umbu Lili.

Masjid-Agung-Aljihad-Waingapu-2.jpg

Ia mengungkapkan, pembentukan akhlak dan mental spiritual umat tidak akan terwujud dengan baik jika kesadaran beragama dan pengalaman nilai-nilai agama tidak dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan.

“Melalui peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW mari kita tingkatkan ukhuwah dan toleransi antar umat beragama serta menghidupkan tali silaturahmi dengan baik, karna kalau kita lemah sangat mudah untuk dipecah belah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumba Timur Syamsudin Pasoa menambahkan, dalam peringatan Maulud Nabi Muhammad pihaknya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, pemuda Islam yang telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan.

Adapun kegiatan dalam merayakan Maulud Nabi Muhammad SAW dengan melaksanakan lomba-lomba, pawai ta’ruf dan malam kesenian bernuansa Islami serta pembacaan maulid nabi oleh para imam se-kota Waingapu dan Kambera.

“Untuk itu, melalui Maulud Nabi Muhammad SAW kita terus tingkatkan silaturahmi, perkuat generasi muda, ukhuwah atau persaudaraan kita serta tanamkan sikap saling hormat menghormati sesuai tema kita,” ucap Syamsudin Pasoa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES