Indonesia Positif

Kunjungi BPTP Jatim, Poktan Desa Binaan Belajar Komoditas Hortikultura dan Ternak

Jumat, 15 November 2019 - 22:57 | 149.70k
Kunjungi BPTP Jatim, Poktan Desa Binaan Belajar Komoditas Hortikultura dan Ternak. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kunjungi BPTP Jatim, Poktan Desa Binaan Belajar Komoditas Hortikultura dan Ternak. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim mendapat kunjungan dari kelompok tani (Poktan)“Mekarsari” Dusun Manggisari Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kab Malang, Senin (4/11/2019).

Kunjungan Poktan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen petani di Desa Bocek untuk aktif dalam pembinaan yang diberikan BPTP Jatim.

Kepala BPTP Jatim Dr. Chendy Tafakresnanto menyampaikan bahwa BPTP Jatim terus memberikan dukungan kepada petani terutama di wilayah sekitar kantor BPTP dalam bentuk pendampingan desa binaan.

Kunjungi-BPTP-Jatim-2.jpg

Kunjungan ke BPTP Jatim oleh sejumlah 32 orang ini juga diisi penyampaian materi tentang pengendalian hama dan penyakit pada cabai oleh Ir. Diding Rahmawati serta manajemen pemeliharaan ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (KUB) oleh Indra Bagus Raharjo, SST,M.Sc.

Penyampaian kedua materi tersebut pun di rasakan manfaatnya bagi petani karena saat ini poktan Mekarsari sedang mencoba menanam cabai besar varietas Ciko Yang merupakan varietas unggulan Yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa). Sehingga, pengetahuan tentang pengendalian hama penyakit tanaman cabai besar pun sangat dibutuhkan oleh petani.

Kunjungi-BPTP-Jatim-3.jpg

Dukungan pendampingan bagi desa binaan oleh BPTP Jatim tidak hanya dalam komoditas hortikultura melainkan juga tanaman pangan, perkebunan dan peternakan. 

“Semua peneliti-penyuluh dari berbagai disiplin ilmu telah kami tugaskan dalam memberikan pembinaan bagi Desa Bocek sebagai binaan kami,” ujar Kepala BPTP Jatim. 

Diakhiri kunjungannya, rombongan meninjau berbagai fasilitas di BPTP Jatim antara lain: Kebun percobaan, kandang ternak unggas dan ruminansia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES