Pendidikan

Alfamart Jember Salurkan Bantuan Seragam Gratis ke Siswa Kurang Mampu SDN Biting 02

Sabtu, 16 November 2019 - 10:33 | 153.47k
Corporate Communication (Corcom) Manager Alfamart Indonesia Timur Muhammad Faruq menyerahkan bantuan seragam sekolah kepada siswa SDN Biting 02, Sabtu (16/11/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Corporate Communication (Corcom) Manager Alfamart Indonesia Timur Muhammad Faruq menyerahkan bantuan seragam sekolah kepada siswa SDN Biting 02, Sabtu (16/11/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebanyak 50 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Biting 02 di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur menerima pembagian seragam sekolah gratis dari Alfamart Jember, Sabtu (16/11/2019). Pembagian seragam tersebut merupakan bagian dari kegiatan sosial yang diadakan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) dengan LazizMU.

Corporate Communication (Corcom) Manager Alfamart Indonesia Timur Muhammad Faruq mengatakan bahwa kegiatan sosial tersebut merupakan kategori Corporate Cause Promotion (CCP) yang rutin diadakan pihaknya di seluruh Indonesia, termasuk Jember.

"Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian kami kepada dunia pendidikan. Seperti seragam sekolah, sepatu, dan tas ini adalah perlengkapan atau kebutuhan yang vital bagi adik-adik," kata Faruq di SDN Biting 02 usai melakukan pembagian seragam gratis kepada siswa.

SDN-Biting-02-2.jpg

Dia menerangkan, bantuan berupa seragam sekolah tersebut diserahkan kepada siswa dari keluarga kurang mampu maupun yang yatim piatu.

"Karena di sekolah ini rata-rata anak-anaknya berasal dari keluarga menengah ke bawah yang membutuhkan dukungan dari masyarakat," ujarnya.

Faruq juga menerangkan, bantuan tersebut berasal dari dana yang digalang dari masyarakat melalui Program Donasi-Ku. Dana tersebut kemudian dikelola oleh LazizMU.

"Alfamart bersinergi bersama LazizMU untuk memfasilitasi menyalurkan donasi dari masyarakat ini ke seluruh daerah di Indonesia," terangnya.

Donasi dari masyarakat yang dihimpun melalui program tersebut pada Juli - Desember 2018 yakni sebesar Rp 4,249 miliar.

Dari donasi tersebut, terwujud dalam bantuan sebanyak 6.500 paket perlengkapan sekolah, dan renovasi 20 bangunan sekolah.

Donasi tersebut diserahterimakan dari LazizMU kepada Alfamart pada Tanwir ke-51 Muhammadiyah di Bengkulu pada 14 Februari 2019 lalu.

Penyaluran bantuan sosial oleh Alfamart tersebut diapresiasi Kepala SDN Biting 02 Fitatim Eshak Ustatik.

Fitatim mangatakan bahwa bantuan berupa seragam sekolah tersebut sangat dibutuhkan siswanya yang mayoritas berasal dari keluarga menengah ke bawah.

"Dan anak-anak kami di sini banyak yang jadi 'anak nenek'. Anak nenek itu anak yang dititipkan kepada neneknya sementara kedua orangtuanya pergi untuk kerja. Tapi biasanya dalam waktu lama. Sehingga kurang mendapat perhatian," tuturnya.

SDN-Biting-02-3.jpg

Dia berharap, bantuan sosial tersebut bermanfaat bagi anak didiknya untuk menggapai masa depan.

Selain itu, apresiasi juga datang dari tokoh masyarakat di Kecamatan Arjasa. Salah satunya yakni Budi Hermanto. Budi membenarkan bahwa dekat dengan pusat kota, masih banyak masyarakat Arjasa yang berpenghasilan rendah.

"Rata-rata di sini berprofesi sebagai buruh. Dan banyak yang kerjanya jauh hingga ke luar kota," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa hal tersebut berdampak pada anak-anak mereka yang terpaksa dititipkan kepada anggota keluarga lainnya. "Biasanya dititipkan ke neneknya. Jadi anak-anak di sini besar sama neneknya daripada sama orangtuanya sendiri," ungkap dia.

Bantuan sosial dari Alfamart dilakukan secara rutin di seluruh Indonesia. Bantuan meliputi berbagai bidang. Di antaranya bidang pendidikan, infrastruktur, dan sekolah. Selain di SDN Biting 02, Alfamart sebelumnya juga menyalurkan bantuan pendidikan ke Yayasan Pendidikan Anak Yatim Ar Raudhah Jember dan SDN Darsono 1. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES