Gaya Hidup

Semarak Ngocak Madura dalam Culture Dining Series 47 Hotel Tugu Malang

Jumat, 15 November 2019 - 23:34 | 193.94k
Sebuah pertunjukkan yang sangat cantik dalam Ngocak Madura Culture Dining Series 47 disuguhkan Hotel Tugu. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Sebuah pertunjukkan yang sangat cantik dalam Ngocak Madura Culture Dining Series 47 disuguhkan Hotel Tugu. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada "Ngocak Madura" yang begitu semarak di Ruang The Tirta Gangga, Hotel Tugu Malang yang disuguhkan kepada tamu-tamunya dalam Indonesia Culture Dining Series 47, Jumat (15/11/2019) malam.

Ruang The Tirta Gangga Hotel Tugu adalah ruang perjamuan yang sangat elegan dan eksotis ini terinspirasi oleh sejarah dari India, Arab, Cina dan Mongolia Silk and Spice Roads.

Menyuguhkan musik asli Madura, seperti ada saronen, tong-tong dan lainnya, manajemen hotel Tugu Malang, lewat Marlena dan Sakera mencoba mengajak tamunya "berkunjung" ke pulau Madura, pulau yang terletak di sisi Timur-Utara Jawa Timur.

Ada yang menarik malam itu, gabungan sejumlah pelajar  dan mahasiswa yang membawa bendera MMI (Museum Musik Indonesia) itu dengan cantik mengkombinasikan musik-musik tradisional Madura dengan irama bosas yang dibetot dari gitar.

Ngocak-Madura-Culture-Dining-Series-2.jpg

Bahkan mereka, para penari itu juga berhasil menggaet tamu asing dan domestik untuk ikut menari. bersama menyemarakkan sejenak suasana malam itu.

Sembari menikmati santap malam dengan pilihan makanan nusantara dari restoran Melati seperti, beragam pilihan Nasi Rawon, Nasi Buk, Rendang Padang, Tugu Risjtaffel dan masih banyak lagi, para tamu disuguhi sajian musik dan tari tradisional yang interaktif menggunakan bakiak.

Pulau Madura memiliki kekayaan alam yang cantik serta beragam seni dan budaya yang eksentrik. Wataknya masyarakatnya keras tapi berprinsip digambarkan antara musik tarinya yang pararel, seiring dan dinamis. “Ngocak Madura” sendiri berarti bercakap dengan Bahasa Madura.

Lagu-lagu yang akan dibawakan antara lain adalah Kembang Malate Pote, Sallam Kerrong, Tanduk Majeng, Gai’ Bintang, Kerraban Sape serta lagu Sate Madura.

Lagu Kembang Malate Pote misalnya, adalah lagu yang bercerita tentang keindahan bunga Melati Putih yang diibaratkan layaknya seorang putri. Sedangkan lagu Sallam Kerrong adalah ungkapan rasa rindu dimana Kerrong dalam Bahasa Indonesia berarti Rindu.

Ngocak-Madura-Culture-Dining-Series-3.jpg

Tanduk Majeng, adalah lagu yang menggambar perjuangan nelayan Madura yang tidak mengenal waktu dan lelah dalam menangkap ikan untuk menghidupi keluarga meski nyawa taruhannya.

Meski orang Madura memiliki watak yang keras dan berprinsip, namun mereka tetap mempunyai rasa rendah hati lewat nasihat bahwa janganlah manusia berangan-angan terlalu tinggi seperti dalam lagu yang diaguguhkan malam itu, Gai' Bintang.

Melengkapi suguhan yang cantik ada acara Indonesia Culture Dining Series 47, ada pula lagu Kerraban Sape, lagu bercerita tentang tradisi perlombaan pacuan sapi serta lagu Sate Madura, lagu yang mengenalkan sate khas Madura yang sangat terkenal di pulau Jawa itu.

Malam itu, bukan hanya musik dan tari yang disajikan, namun para tamu juga bisa melihat dan membeli Batik Tulis Madura yang memiliki corak dan pilihan warna yang khas.

Terletak persis di jantung kota Malang, 5 menit dari Stasiun Kereta Api Kota Malang, Hotel Tugu Malang merupakan hotel bintang lima pemenang penghargaan ‘Certificate of Excellence’ selama 8 tahun berturut-turut.

Koleksi barang-barang seni yang tak ternilai harganya menghiasi setiap sudut hotel, menciptakan suasana klasik peninggalan era kolonial Belanda, tradisi Indonesia yang berabad umurnya, dan juga kebudayaan Jawa Peranakan yang romantis. Dengan 49 kamar, 2 restoran, serta 5 ruang serbaguna, Hotel Tugu Malang memadukan romatisme budaya dengan kecanggihan fasilitas masa kini.

"Ngocak Madura" yang disuguhkan di Indonesia Culture Dining Series 47 malam itu begitu semarak di Ruang The Tirta Gangga, Hotel Tugu Malang. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:Richard Wardana +62341 363891 or +628113634443 serta [email protected]. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES