Peristiwa Nasional

Presiden RI Resmikan Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Jumat, 15 November 2019 - 21:14 | 55.99k
Presiden RI Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agungdi Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240, Jumat (15/11/2019). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Presiden RI Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agungdi Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240, Jumat (15/11/2019). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, LAMPUNG – Saat meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

"Dengan semakin bertambahnya ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang diresmikan maka mobilitas orang, barang/logistik, dan jasa akan semakin baik yang akan berpengaruh pada peningkatan indeks daya saing bangsa. Kita ingin kecepatan dalam jaringan logistik, jika sebelumnya dari Palembang ke Lampung sekitar 10 jam, dengan jalan tol sekarang bisa 3 jam. Itu yangg namanya efisiensi," kata Presiden Jokowi di Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240, Jumat (15/11/2019).

Jokowi-13.jpg

Hadir mendampingi Presiden dalam peresmian tol sepanjang 189 Km itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, dan Direktur Utama (Dirut) PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo.

Jokowi-14.jpg

Ditambahkan Presiden, kehadiran jalan tol tersebut juga akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memfasilitasi sentra produksi dengan membangun keterkaitan antara pusat produksi (kawasan industri, pertambangan, perkebunan, pariwisata) dengan outlet-outlet (pelabuhan/bandara) di Pulau Sumatera sehingga mendorong pengembangan wilayah.

Panggang-Kayu-Agung-2.jpg

"Yang terpenting pembangunan jalan tol menciptakan lapangan kerja. Jalan tol sepanjang ini tidak mungkin semua dikerjakan oleh mesin, pasti butuh tenaga kerja. Selanjutnya juga berkaitan dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan jalan tol di Sumatera menjadi bukti bahwa jalan tol bukan hanya di Pulau Jawa saja," ujarnya.

Dikatakan Presiden RI, Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung merupakan ruas terpanjang yang pernah diresmikannya. Hal tersebut juga mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diserahkan kepada Dirut PT Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo. Dengan diresmikannya ruas tol ini maka panjang tol yang beroperasi sejak tahun 2015 di Trans Sumatera menjadi 469 km. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Australia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES