Peristiwa Daerah

Jumatan Perdana di Pantai Balekambang, Warga Minta Dibangunkan Masjid

Jumat, 15 November 2019 - 19:30 | 303.32k
Sholat Jumat Perdana di Pantai Balekambang. (FOTO: Istimewa)
Sholat Jumat Perdana di Pantai Balekambang. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGPantai Balekambang di Kabupaten Malang terus menjadi wisata idola bagi para wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Bagi umat beragama,  Pantai Balekambang menjadi tempat ritual banyak agama. Bagi umat Islam, menggelar shalat Jumat perdana. Warga meminta dibangunkan Masjid.

Sebelum acara shalat Jumat bersama warga setempat, yakni Kamis (14/11/2019), diawali dengan Khatmil Quran bagi para hafidlah, dan berakhir Jumat (15/11/2019) pagi dilanjut shalat Jumat berjemaah dan shalawatan. 

Selain warga sekitar Pantai Balekambang, shalat Jumat juga diikuti oleh  jemaah Majelis Al Mi'raj. Setalah pelaksanaan shalat Jumat, dilanjut acara seremonial. Sambutan dari Direktur Administrasi PD Jasa Yasa, Husnul Hakim Syadad. Dilanjut oleh panitia Pelaksana dan ceramah agama yang disampaikan KH Ramadlan Khotib. Adapun Khatib shalat Jumat oleh Kh Nurhuri Sattar. 

Jumatan-Perdana-di-Pantai-Balekambang-b.jpg

"Kgiatan ini diinisiasi oleh Jaringan Penggerak Jemaah Lintas Selatan. Dan diikuti oleh Jemaah Lintas Selatan, GP Ansor, Pagar Nusa, Banser Maritim, MWC NU Bantur. Sekitar seribu jemaah yang hadir dalam kegitan Jumatan perdana dan shalawatan," jelas Husnul.

Setelah pelaksanaan shalat Jumat, dilanjutkan dengan shalawatan oleh Majelis al Mi'raj, Pimpinan KH Nurhuri Sattar dan ditutup dengan shalat Azhar berjamaah.

"Shalat Jumat perdana dan shalawatan di pantai Balekambang ini merupakan kegiatan yang diinisiadi oleh masyarakat dan JPLS," kata Husnul.

Jumatan-Perdana-di-Pantai-Balekambang-c.jpg

Dari kegiatan tersebut, Husnul berharap, kedepan akan mejadi kegiatan rutin setiap hari Jumat walau dengan keterbatasan tempat. Karena masih belum ada masjidnya.

"Semoga satu tahun ini diharapkan akan terwujud masjid di Pantai Balekambang. Semoga akan segera dibangun masjid," harapnya.

Pengelola Pantai Balekambang dalam hal ini PD Jasa Yasa akunya, sangat mendukung keinginan warga agar dibangun Masjid di Pantai Balekambang. "Kami akan menyampaikan aspirasi warga ini ke pak Bupati Malang," aku Husnul.

Edisi-Jumat-15-November-2019-madiun-nyar.jpg

Karena kata Husnul, di pantai Balekambang sudah menjadi tempat kegiatan ritual banyak agama. Di pantai Balekambang juga ada tempat ibadah bagi Agama Hindu, sudah ada Pure.

"Maka kedepan kegiatan religi keislaman juga harus ada di pantai ini. Bisa disediakan masjid juga. Biar ada kegiatan Majelis shalawat yang secara rutin dilaksanakan di sini," jelasnya.

Sehingga tambah pria yang juga menjabat Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Malang itu, pantai Balekambang menjadi pantai yang bisa dinikmati oleh semua agama yang ada di Kabupaten Malang.

Jumatan-Perdana-di-Pantai-Balekambang-d.jpg

Sementara itu, menurut KH Nur Huri Sattar, sebagai inisiator acara tersebut mengatakan bahwa kedepannya, Pantai Balekambang dapat terus menfasilitasi kegiatan keislaman yang dilaksanakan oleh masyarakat. Tempat ritual bagi agama lain juga sudah disediakan. Saat ini, pemerintah daerah harus berencana untuk membangun masjid. "Ini harapan masyarakat Muslim di sekitar Pantai Balekambang," katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES