Ekonomi

Pelindo Bangun Pelabuhan Baru untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Sumba

Jumat, 15 November 2019 - 18:00 | 176.68k
Pelabuhan baru PT Pelindo III (Persero) Waingapu NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Pelabuhan baru PT Pelindo III (Persero) Waingapu NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Pembangunan pelabuhan baru PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo III Terminal Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT adalah langkah strategi untuk mendorong investor dalam percepatan pertumbuhan ekonomi di pulau Sumba.

General Manager PT Pelindo III Waingapu Ary Sudarsono Jumat (15/11/2019) mengatakan, pemerintah pusat melalui PT Pelindo III Waingapu telah menyiapkan sarana prasarana pembangunan pelabuhan baru beserta fasilitas jalan untuk mendorong investor dan pemakai jasa kepelabuhan lainnya agar percepatan ekonomi di pulau Sumba semakin tumbuh pesat.

“Jadi dengan adanya pelabuhan yang baru ini tentu langkah strategisnya adalah untuk menambah arus kapal yang akan menggunakan jasa kepelabuhan yang salah satunya adalah kehadiran investor PT MSM yang akan beroperasi nanti  akan menjadi prioritas dalam melakukan aktivitas di pelabuhan baru, ini tentunya akan berdampak pada percepatan perputaran ekonomi di pulau Sumba,” kata Ary.

Menurutnya, pembangunan fasilitas pelabuhan Waingapu dibangun untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas perdagangan di empat Kabupaten di pulau Sumba namun pihaknya akan lebih cenderung kepada Investor PT MSM yang rencananya akan beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

“Kami juga persilahkan para pemakai jasa pelabuhan lainnya memanfaatkan, namun dari kapasitas besar tentu PT MSM akan menggunakan jasa pelabuhan ini dalam skala besar yang diharapkan mampu mendorong  pertumbuhan ekonomi di pulau Sumba nanti,” ujarnya.

Ary menambahkan, strategi membangun fasilitas dan infrastruktur pelabuhan Waingapu hingga perbaikan akses jalan menuju pelabuhan merupakan masa depan pintu gerbang ekonomi di Pulau Sumba karena memiliki potensi yang kuat untuk dikembangkan apalagi kehadiran PT MSM sebagai Investor dibidang pabrik gula. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES