Peristiwa Daerah

Peringatan HKN 2019, Peningkatan Kesehatan Masyarakat Jadi Prioritas Pemkot Madiun

Jumat, 15 November 2019 - 17:30 | 261.17k
Wali Kota Madiun H. Maidi saat mengikuti senam bersama peringatan HKN ke-55 tahun 2019. (Foto: Diskominfo Kota Madiun/TIMES Indonesia)
Wali Kota Madiun H. Maidi saat mengikuti senam bersama peringatan HKN ke-55 tahun 2019. (Foto: Diskominfo Kota Madiun/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Berbagai kegiatan menarik mewarnai perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019 (HKN 2019) di Kota Madiun, Jumat (15/11/2019). Acara tersebut dipusatkan di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun dan diikuti oleh forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemkot Madiun.

Dalam sambutannya, Wali Kota Madiun H.Maidi menjelaskan, peningkatkan kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama Pemkot Madiun. Upaya menjaga kesehatan tersebut, lanjut wali kota, masuk dalam program Panca Karya Pemkot Madiun.

Tak hanya meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, pemkot juga telah mempersiapkan upaya kesehatan dengan tanaman obat khusus. Harapannya, setiap rumah memiliki tanaman obat yang dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal

"Berbagai program dan kegiatan di bidang kesehatan akan ditingkatkan. Sehingga, masyarakat Kota Madiun semakin sehat dan sejahtera," ujarnya.

senam-bersama-peringatan-HKN-ke-55-tahun-2019-b.jpg

Menurut Maidi, saat ini salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian pemkot selain penyakit tidak menular adalah stunting. Untuk mengatasi anak menderita stunting, pihaknya menginstruksikan OPD terkait untuk saling berkoordinasi. Sehingga, permasalahan ini cepat teratasi.

Stunting memberikan dampak jangka panjang yang kurang baik. Karena, stunting tidak sekadar ukuran tubuh saja. Tetapi juga memengaruhi perkembangan daya pikir penderitanya.

"Salah satu upaya mengurangi angka stunting dilakukan dengan gerakan makan ikan bagi anak-anak. Serta, upaya menjaga gizi seimbang dan makan teratur di sekolah. Hal inipun harapannya juga diikuti oleh masyarakat. Yakni, dengan memberikan gizi seimbang bagi anak," imbuhnya.

Edisi-Jumat-15-November-2019-madiun.jpg

Peringatan HKN diisi kegiatan senam bersama. Di sekitar lokasi juga disediakan stan-stan dari berbagai instansi. Ada stan UMKM, rumah sakit yang ada di Kota Madiun serta BPJS Kesehatan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun itu dikemas menarik. Peserta juga antusias mengikuti kegiatan menyambut HKN 2019 itu. Pemkot Madiun mengajak masyarakat menjaga kesehatan di lingkungan masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES