Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Reformasi Sistem Kebijakan Publik dalam Tatanan Pemerintahan

Jumat, 15 November 2019 - 15:23 | 210.99k
Meri Kurnia (Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik, FIA Unisma Malang).
Meri Kurnia (Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik, FIA Unisma Malang).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam sebuah evaluasi memang penting karena kebijakan publik merupakan tindakan yang dilakukan untuk publik itu sendiri. Istilah evaluasi dapat diartikan sebagai pemberian nilai berupa angka, penaksiran, dan kata-kata yang menunjukkan usaha dalam menganalisis kebijakan beserta manfaat dari kebijakan tersebut.

Dalam evaluasi itu sendiri memiliki penilaian terhadap sesuatu persoalan yang ditunjukkan baik atau tidak persoalan tersebut, pada umumnya evaluasi kebijakan merupakan aktivitas dimana dilakukan untuk menilai hasil dari kebijakan pemerintah yang memiliki perbedaan dalam spesifikasi obyeknya, teknik-teknik dalam pengukurannya, dan metode yang digunakannya.

Evaluasi kebijakan memang digunaka untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan suatu kebijakan dengan membandingkan antara keberhasilan suatu kebijakan dengan target yang ditentukan. Suatu kebijakan perlu dievaluasi karena kebijakan akan berdamapak besar terhadap publik apabila kebijakan yang diberikan tidak sesuai maka akan terjadi konflik, maka dari itu evaluasi kebijakan sangatlah penting bagi suatu pemerintahan untuk mengontrol suatu kebijakan yang ditetapkan pemerintahan. Konsep yang mendasari evauasi kebijakan yaitu keluaran kebijakan, hasil kebijakan, dan dampak dari kebijakan tersebut.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Buku Kebijakan Publik yang ditulis oleh Hayat ini diperuntukkan semua kalangan terutama mahasiswa sebagai referensi untuk memahami tentang kebijakan publik dalam berbagai sudut pandang yaitu evaluasi kebijakan publik, reformasi kebijakan publik, formulasi kebijakan publik ini memberikan gambaran secara global tentang teori dan konsep yang dibangun dalam rangka mengembangkan dan mengoptimalkan kebijakan publik.

Mengenal tentang profil sang penulis yaitu Hayat, S.A.P.,M.Si, lahir di Kabupaten Sampang pada tanggal 15 Agustus 1982. Beliau menamatkan pendidikan S1 di Universitas Islam Malang Program Studi Ilmu Adminstrasi Negara tahun 2007 dan S2 diselesaikan pada tahun 2012 di Universitas Merdeka Malang pada Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik dengan Konsentrasi Kebijakan Publik.

Saat ini beliau sebagai dosen pada Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang, beliau juga sedang melanjutkan program studi Program Doktor Ilmu Administrasi Publik Peminatan Administrasi Publik di Universitas Brawijaya Malang, selain itu beliau juga banyak menghasilkan karya buku mandiri .

Sebelum melanjutkan disini kita harus memahami apa itu kebijakan publik, apa itu kebijakan publik? Kebijakan publik merupakan keputusan yang dibuat oleh seseorang yang memiliki kewenangan dalam pemerintah atau lembaga pemerintahan yang dibuat untuk kepentingan masyarakat untuk memberikan keadilan dalam proses kebijakan yang dilakukan.

Maka apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah merupakan kebijakan publik, melakukan pembuatan keputusan ataupun tidak melakukan tidak membuat keputusan juga menjadi kebijakan publik. Kebijakan publik juga merupakan hubungan antara lembaga-lembaga pemerintahan dengan masyarakat atau antara unsur lembaga ataupun personal.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

 Sebuah keputusan kebijakan publik memiliki keterkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain agar bisa saling menguatkan, tidak saling menjatuhkan agar kebijakan tersebut berjalan dengan baik dan optimal.

Dalam pembuatan kebijakan publik tidak langsung diputuskan begitu saja ada tahapan-tahapan yang harus dijalani dikarenakan terdapat indikator keberhasilan yang dicapai oleh kebijakan publik tersebut dan memiliki manfaat yang cukup besar terhadap masyarakat luas.

Agar masyarakat merasa puas lembaga pemerintahan harus sangat teliti dan berhati-hati dalam memutuskan sebuah kebijakan publik. Bukan hanya penilaian dalam pembuatan kebijakan saja yang harus dinilai tetapi penilaian kinerja dalam pekerjaannya apakah sudah dilakukan dengan baik.

Penilaian kinerja dalam setiap lembaga ataupun suatu kelompok sangatlah penting, yang dimaksud kinerja disini merupakan kinerja perorangan untuk dinilai bagaimana mereka mejalankan tugas dan tanggung jawabnya. Penilaian dalam proses penafsiran atau penentuan nilai, kualitas atau status dari beberapa obyek barang ataupun sesuatu (barang) (sikula, 1981; Mangkunegara, 2000) (Hal 46).

Penilaian pada perorangan inlah yang nantinya menentukan baik buruknya sebuah lembaga atau kelompok yang nantinya akan menghasilkan sumber data yang nantinya digunakan penilaian untuk memberikan sebuah apresiasi bagi yang menjalankan tugas dengan baik dan memberikan sanksi bagi yang melanggar ketentuan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Suatu kebijakan publik juga mempunyai sebuah reformasi birokrasi yaitu sebuah sistem tatanan pemerintahan untuk menjadikannnya lebih baik. Dalam tatanan pemerintahan tentunya memerlukan waktu yang cukup lama dan ruang yang cukup besar dalam sebuah sistem yang terus menerus mengalami dinamisasinya.

Yang artinya mengubah diamika tatanan berarti juga merubah sumber daya manusia yang ada didalamnya, infrastruktur lebih ditingkatkan, serta pembangunan sosial budaya yang ada agar sesuai dengan tuntutan dan tujuan yang diharapkan.

Kelebihan pada buku ini adalah me miliki cover yang menarik, dalam menulis penulis banyak mengambil kutipan jadi ada sebuah bukti untuk kalimat yang ditulis, isi buku tidak erlalu tebal jadi tidak terlalu membosankan, harganya pun juga sangat terjangkau. Kekurangan kata yang digunakan terlalu sulit untuk dipahami dengan kerena banyak menggunakan kata ilmiah.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES