Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Kebijakan Publik Menjadikan Solusi dan Penyelesaian Dalam Persoalan yang Dihadapi Oleh Masyarakat

Jumat, 15 November 2019 - 13:42 | 274.22k
Erika Ayuning Wulandari (Mahasiswa Universitas Islam Malang), penulis resensi.
Erika Ayuning Wulandari (Mahasiswa Universitas Islam Malang), penulis resensi.
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGKebijakan Publik adalah keputusan-keputusan yang dilakukan oleh seseorang  yang mempunyai   wewenang dalam pemerintah baik bersifat formal maupun informal, kebijakan publik diikuti oleh reformasi yang melekat pada aspek kebijakan publik.

Reformasi yang dibangun membentuk sebuah konsepsi dasar yang menjadi tuntutan aspirasi maupun temuan secara ilmiah yang selanjutnya akan membentuk kerangka formulasi sebagai dasar bagi pemerintah untuk membuat suatu kebijakan publik. Reformasi kebijakan publik tidak berdiri sendiri dalam perubahan dan pembaharuan kebijakannya.

Konsep reformasi kebijakan berimplikasi kepada reformasi birokrasi dan reformasi administrasi. Keterkaitan antar ketiga reformasi ini menjadi kondisi yang sangat diharapkan dalam pemerintah. Tujuan dari kebijakan publik itu sendiri adalah untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat serta memberikan kehidupan masyarakat yang lebih baik, sejahtera, dan adil sentosa.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Evaluasi kebijakan pada dasarnya adalah suatu proses untuk menilai seberapa jauh suatu kebijakan membuahkan hasil,yaitu dengan membandingkan antara hasil yang diperoleh dengan tujuan atau target kebijakan yang ditentukan. Selain itu evaluasi memiliki sifat, tujuan, dan fungsi  yang melekat sebagai kontrol terhadap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan. Dalam melakukan evaluasi kebijakan ada beberapa tahapan yang perlu diikuti dalam empat kategori, yaitu: (1) planning and need evaluations (2) process evaluation (3) impact evaluation (4) efficiency evaluation.

Kebijakan publik mempunyai tiga aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam pelaksanaanya, salah satunya yaitu Formulasi Kebijakan merupakan konsep untuk merencanakan apa yang akan diputuskan dan diambil kebijakannya. Merencanakan formulasi adalah untuk mengetahui apa saja yang akan direncanakan, hasil dari perencanaan akan dibawa kemana, dampak dan implikasi dari perencanaan yang dihasilkan akan menghasilkan apa, dan dapat dijadikan sebagai perbandingan sebelum perencanaan itu direncanakan.

Buku ini dapat membuat kita mengerti akan evaluasi, reformasi, dan formulasi kebijakan publik. Reformasi dilakukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik, selain memang perkembangan administrasi publik menuntut lebih banyak inisiatif dan inovasi di bidang pelayanan publik. Selain itu, buku ini layak dibaca dan dipelajari sebagai sebuah pemahaman awal berbagai aspek pelayanan publik karena didalamnya dimuat pengertian serta evaluasi pelayanan publik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES