Pemerintahan

Hari Kesehatan Nasional, Ipong: Wujudkan Generasi Sehat adalah Tugas Bersama

Jumat, 15 November 2019 - 13:16 | 100.12k
Bupati Ipong Muchlissoni pimpin upacara Hari Kesehatan Nasional di Ponorogo. (foto: Marhaban/Times Indonesia)
Bupati Ipong Muchlissoni pimpin upacara Hari Kesehatan Nasional di Ponorogo. (foto: Marhaban/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Untuk mewujudkan bangsa yang unggul dan maju harus dimulai dari memastikan sumber daya manusia (SDM) sehat lahir dan batin. Demikian dikatakan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019, di halaman kantor dinas kesehatan Gedung Terpadu Ponorogo, Jumat, (15/11/2019).

Menurut Ipong, pembangunan di sektor kesehatan harus dilakukan bersama-sama, dan saling bersinergi. Termasuk, bagaimana meningkatkan indeks pembangunan manusia yang didalamnya terdapat pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Untuk itu program kesehatan dalam meningkatkan usia harapan hidup, mencegah stunting, dan gizi buruk. "Harus menjadi perhatian bersama yang membutuhkan sinergitas dan koordinasi semua pihak dan lintas sektor," sebutnya.

Ipong-Apel-2.jpg

Ipong menambahkan, strategi yang harus dikembangkan pada sektor kesehatan dapat dilakukan melalui tiga pilar. "Yaitu paradigma sehat, penguatas akses pelayanan, dan  menyangkut pembiayaan melalui jaminan kesehatan Nasional," tambahnya.

Ipong juga mengajak seluruh pihak dan masyarakat ,bersama-sama ikut membantu BPJS melalui peduli JKN yang digagas dinas kesehatan dengan tertib membayar iuran. "Tujuannya untuk membantu meringankan beban pembayaran BPJS guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," jelas Ipong.

Ipong-Apel-3.jpg

Sementara kepala dinas Kesehatan Ponorogo, Rahayu Kusdarini, kepada TIMES Indonesia menuturkan kegiatan Hari Kesehatan Nasional di Ponorogo mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi, dan tokoh masyarakat, "Dengan adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan semua sektor akan semakin sadar pentingnya pembangunan kesehatan," tuturnya.

Dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional tersebut, bupati Ipong juga menyerahkan beberapa penghargaan kepada pemenang kegiatan kesehatan masyarakat di pedesaan se Ponorogo. Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019, selain dihadiri Bupati, juga hadir Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto, seluruh kepala OPD Pemkab Ponorogo, Ikatan Dokter Indonesia Ponorogo, Ikatan Apoteker Indonesia Ponorogo, Ikatan Bidan Indonesia Ponorogo, dan seluruh karyawan karyawati Dinas Kesehatan Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES