Indonesia Positif

Diklat Penguatan Kepala Sekolah, LP Maarif NU Jawa Timur Gandeng PT NU

Kamis, 14 November 2019 - 21:47 | 121.21k
Rapat terbatas merencanakan diklat penguatan kepala sekolah di lingkungan PW LP Maarif NU Jawa Timur. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Rapat terbatas merencanakan diklat penguatan kepala sekolah di lingkungan PW LP Maarif NU Jawa Timur. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – PW LP Maarif NU Jatim akan menyiapkan diklat penguatan kepala sekolah sebagai manajer profesional pada lembaga pendidikan yang dikelolanya. Uapaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengelola lembaga pendidikan.

Rencananya kegiatan ini akan menggandeng Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) PTNU Jawa Timur.

Wakil rektor II Unisma Malang Noor Shodiq Askandar hadir dalam diskusi tentang penguatan kepala sekolah di lingkungan lembaga pendidikan Nahdlatul Ulama.

Hadir pula dalam acara tersebut Drs KH Mujib Hasyim M.PdI Bendahara, Drs H Imam Saerofi MM Wakil sekretaris dan Lukman Hakim MA Wakil sekretaris di hadiri Dr H Nur Fajar Arif MPd penanggung jawab LPD PTNU Jawa Timur.

Dalam perbincangan tersebut Dr H Nur Fajar Arif M.Pd mengatakan perlu ada sinergi dalam penguatan kepala sekolah di LP Maarif NU karena guru yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala satuan pendidikan harus memiliki kemampuan keahlian yang diperoleh dari pendidikan dan pelatihan yang diatur oleh PP 19 tahun 2017 tentang perubahan PP 74 tahun 2008.

Hal ini penting karena banyaknya sekolah di lingkungan NU yang perlu segera mengikuti pendidikan dan pelatihan.

Lebih lanjut Arif menyampaikan segera di bulan November ini LPD bersama PW LP Maarif NU Jawa Timur untuk melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam menyelenggarakan diklat ini. Maksimal bulan nopember 2019 ini akan dilaksanakan dan nantinya awal Desember sudah dapat direalisasikan. Ujar wakil direktur I pascasarjana Unisma ini

Sementara itu Drs H Mujib Hasyim M.PdI selaku bendahara menyampaikan, PW LP Maarif NU Jawa Timur akan segera merencanakan penandatanganan serta persiapan diklat penguatan kepala sekolah ini karena masa diklatnya selama 7 hari dengan jumlah jam tatap muka 71 JP.

Senada dengan hal tersebut Drs H Imam Saerofi MM wakil ketua menampaikan PW LP Maarif NU Jawa Timur akan segera melakukan pembukaan pendaftaran calon peserta diklat, karena dalam kegiatan ini jumlah peserta pelatihan disyaratkan 30 orang dalam satu kelas pembelajaran.

"Kami akan mengumumkan tanggal pelaksanaan diklat dan juga tanggal pendaftaran, yang penting adalah para calon peserta segera berkoordinasi dengan LP Maarif NU di masing-masing cabang agar pendaftaran dapat berjalan dengan baik," kata Imam.

Yang terpenting dan sangat diperhatikan dalam diklat penguatan kepala sekolah nanti adalah calon peserta adalah kepala sekolah yang diangkat sebelum 18 April 2018 hal ini sesuai dengan Permendikbud nomor 6 tahun 2018.

Seain itu memiliki setifikat pendidik dan berijazah S1 dengan usia paling tinggi 56 tahun. Dalam waktu dekat akan segera di umumkan oleh PC LP Maarif NU setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES