Pemerintahan

Menhan Prabowo Subianto Optimistis Hubungan Indonesia-Malaysia Makin Baik

Jumat, 15 November 2019 - 13:03 | 176.91k
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang tiba di Kemenhan Malaysia disambut upacara jajar kehormatan. (FOTO: Kemenhan RI)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang tiba di Kemenhan Malaysia disambut upacara jajar kehormatan. (FOTO: Kemenhan RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menemui banyak kesamaan, Menteri Pertahanan (Menhan RI) Prabowo Subianto mengaku optimistis kedepan hubungan kerjasama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin baik.

Hal itu ia sampaikan saat melawat ke negara tetangga itu, Kamis (14/11/2019). Ini adalah kunjungan resmi perdana Prabowo Subianto keluar negeri sejak ia dilantik menjadi Menteri Pertahanan RI.

Malaysia-Menhan-Prabowo-2.jpg

Turut serta dalam kunjungan ini beberapa pejabat Kemhan antara lain Dirjen Strahan Kemhan, Mayjen TNI Rizerius Eko HS, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto dan Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie.

Tiba di Kemhan Malaysia, Menhan RI disambut upacara jajar kehormatan sebelum dilaksanakan pertemuan bilateral antara Menhan RI dengan Menhan Malaysia yang didampingi Delegasi dari masing-masing Kementerian Pertahanan.

Selain ke Malaysia, Menhan RI juga akan berkunjung ke Thailand. Di Malaysia, Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan Malaysia YB Tuan Haji Mohamad bin Sabu, di kantor Kementerian Pertahanan Malaysia, Kuala Lumpur.

Menhan mengatakan bahwa ia telah mendapat direktif dari Presiden RI Jokowi agar hubungan dan persahabatan Indonesia dan Malaysia yang telah terjalin baik selama ini terus dijaga dan dipererat.

Dikatakan, banyak hal kesamaan pandangan dan pemikiran diantara kedua negara, dan hal itu menjadi modal yang kuat bagi kedua negara dalam upaya meningkatkan kerjasama pertahanan.

“Saya juga sudah melakukan pembicaraan dengan Yang Mulia Menteri Pertahanan Malaysia. Banyak persamaan pandangan pemikiran kita  banyak yang sama. Karena itu, sangat optimis melihat kedepan saya yakin hubungan kerjasama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin baik”, ungkap Prabowo.

Upaya peningkatan kerjasama yang perlu dilakukan kedua negara itu diantaranya kerjasama di bidang pendidikan dan latihan, serta kerjasama industri pertahanan.

“Kami ingin mencari bentuk-bentuk kerjasama yang lebih baik lagi. Pertukaran perwira dan pertukaran siswa antara Indonesia dan Malaysia saya kira sangat baik, serta kerja sama dibidang teknik dan industri pertahanan," katanya.

Sementara itu Menhan Malaysia mengatakan keyakinannya di bawah kepemimpinan Menhan RI Prabowo Subianto, kerjasama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan terus terjaga dan meningkat.

Karena ditemukan banyak kesamaan saat bertemu Menhan RI Prabowo Subianto, ke depan Malaysia juga senantiasa membuka peluang bentuk kerjasama yang saling bermanfaat dan menguntungkan dengan Indonesia dan akan semakin baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES