Peristiwa Daerah

Antisipasi Pohon Tumbang, Dinas PRKP Tuban Pangkas Pohon yang Tua

Jumat, 15 November 2019 - 12:36 | 115.34k
Petugas saat melakukan pemotongan pohon yang tumbang di jalan kota Tuban, Jum'at,(15/11/2019)(Foto:Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Petugas saat melakukan pemotongan pohon yang tumbang di jalan kota Tuban, Jum'at,(15/11/2019)(Foto:Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Memasuki musim penghujan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Tuban, mulai melakukan antisipasi terjadinya pohon tumbang di wilayah setempat.

Antisipasi dilakukan dengan memeriksa dan memangkas atau merampingkan ranting pohon yang sudah lapuk dan rawan tumbang. Pemangkasan dan perampingan pohon itu difokuskan diseputaran jalan-jalan protokol Kota Tuban, yang memang banyak terdapat pohon-pohon besar di sisi kiri dan kanan jalan.

"Kami jauh-juah hari juga sudah melakukan survei pohon-pohon di wilayah kota. Pohon-pohon yang kiranya sudah tua dan rawan tumbang kita dipangkas atau bahkan dipotong hingga habis," kata Kabid kebersihan dan pertamanan Dinas PRKP Tuban, Sumarno, Jumat,(15/11/2019).

Selain itu, antisipasi lainnya ialah melakukan pengecekan kondisi pohon secara rutin. Termasuk dilakukan pemangkasan dan penebangan jika memang diperlukan. Sehingga saat terjadi cuaca buruk seperti hujan angin tidak membahayakan masyarakat.

"Pengecekan pohon ini akan terus berlanjut sampai akhir Desember nanti. Kriteria pohon yang dipangkas adalah pohon yang tua dan rawan tumbang," jelasnya.

Sumarno berharap, adanya pengecekan rutin dan pemangkasan pohon tersebut, tidak ada lagi pohon tumbang saat hujan turun disertai angin. "Adanya pemangkasan pohon ini harapannya tidak terjadi lagi pohon tumbang saat musim hujan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES