Gaya Hidup

Wah, Makanan Sehat Ini Bikin Awet Muda Lho

Jumat, 15 November 2019 - 04:32 | 315.37k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda ingin selalu terlihat awet muda? Tak perlu khawatir, ada cara sederhana agar Anda tetap awet muda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan.

Nutrisi dan antioksidan pada makanan sehat tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang menyimpan rahasia awet muda di dalamnya.

1. Sayuran dan Buah-buahan Berwarna

Buah dan sayuran berwarna terang kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit. Contohnya sayuran hijau, tomat, wortel, semangka, alpukat, dan blueberry. Tidak hanya itu, buah anggur juga banyak mengandung antioksidan, yang mampu menurunkan risiko penuaan dini pada kulit.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dan E. Selain berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin C dibutuhkan untuk membentuk kolagen yang membuat kulit tetap kenyal. Untuk memaksimalkan efek vitamin C dan vitamin E pada kulit, Anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung kedua vitamin tersebut.

2. Ikan Kaya Omega 3

Omega 3 dalam makanan laut, seperti ikan kembung, tongkol, sarden, dan tuna, membantu mengobati peradangan kronis, meningkatkan mood, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Jadi, usahakanlah mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi setiap minggu.

Omega 3 tidak hanya dapat ditemukan pada hewan, tapi juga pada tumbuhan, seperti kenari, flaxseed, telur, dan minyak kanola. Konsumsilah juga jenis-jenis makanan ini untuk mencukupi asupan omega 3 Anda.

3. Makanan Utuh (Whole Foods)

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan utuh bisa menurunkan risiko kerutan dan penuaan dini pada kulit. Contoh makanan utuh yang dianjurkan adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, yogurt, minyak dengan kandungan lemak sehat, dan nasi merah. Para ahli percaya bahwa manfaat makanan utuh untuk awet muda adalah berkat kandungan antioksidan, fitokimia, dan lemak sehat di dalamnya.

4. Teh Hijau

Teh hijau sarat akan antioksidan polifenol yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, mencegah kerusakan pada DNA sel kulit, serta mengurangi efek radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga baik sebagai minuman untuk mencukupi cairan tubuh.

5. Cokelat

Cokelat hitam kaya dengan antioksidan flavonoid yang ampuh melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, pilihlah cokelat murni (dark chocolate), bukan cokelat yang sudah banyak ditambahkan gula. Hal ini karena makanan manis justru dapat membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan dini.

Selain konsumsi makanan sehat, Anda perlu mengurangi stres, tidak merokok, menggunakan tabir surya saat beraktivitas di bawah terik matahari, dan rutin memakai pelembap, serta rajin olahraga agar tetap awet muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES