Peristiwa Nasional

Perpusnas RI Gelar Sosialisasi Pengembangan Revitalisasi Perpustakaan di Malut

Kamis, 14 November 2019 - 22:16 | 74.95k
Sambutan Dedi Kurniadi. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Sambutan Dedi Kurniadi. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALUKU UTARA – Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) menggelar sosialisasi Sosialisasi Pengembangan Revitalisasi Perpustakaan, yang dipusatkan di Grand Dafam Hotel Ternate, Maluku Utara, Kamis (14/11/2019).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Dedi Kurniadi.

Sambutan tertulis Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando yang dibacakan Dedi Kurniadi menyampaikan bahwa litersi mempunyai peran penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat dan perpustakaan mempunyai peran untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Dedi-Kurniadi-2.jpg

Oleh karena itu, perpustakaan nasional berinisiatif untuk melakukan program revitalisasi di perpustakaan yang memfokuskan pada penguatan kapastas transformasi layanan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial di provinsi, kabupaten dan kota yang menitikberatkan pada beberapa rencana kera yaitu pengembangan kapabilitas perpustakaan melalui transforormasi layanan agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, Perpustkan Nasional saat ini tengah mendorong perpustakaan menjadi pelopor penggerak literasi untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

"Sosialisasi revitalisasi perpustakaan di daerah ini merupakan upaya memperluas program dan mendekatkan akses infromasi ke masyarakat dan menjadi pusat bagi masyarakat untuk berkegiatan dan terkoneksi antara satu dengan lainnya sehingga terjadi proses belajar diantra mereka yang mendorong kesempatan untuk mencipatkaan inovasi," ucapnya

Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan performa individu di perpustakaan itu sendiri, memperkuat sistem dan organisasi perpustakaan yang akhirnya akan meningkatkan kualitas layanan dan memberi manfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 14 hingga 16 November 2019 tersebut menghadirkan 50 pengelola perpustakaan umum di tingkat provinsi, kabupaten dan kota se provinsi Maluku Utara.

Turuh hadir dalam kegiatan Sosialisasi Pengembangan Revitalisasi Perpustakaan tersebut, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan provinsi Maluku Utara, Rahwan K Suamba dan sejumlah narasumber dari Perpusnas RI (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES