Peristiwa Daerah

Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Malang, Belasan Rumah Rusak

Kamis, 14 November 2019 - 19:42 | 166.57k
Kondisi rumah di Sumberpucung yang mengalami kerusakan. (Foto : istimewa)
Kondisi rumah di Sumberpucung yang mengalami kerusakan. (Foto : istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Belasan rumah di Desa Jatiguwi, Sumberpucung, Kabupaten Malang, mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, Kamis (14/11/2019) sore.

Rinciannya, 12 rumah rusak ringan, 2 rumah rusak sedang, 1 rumah rusak berat, 1 kandang sapi rusak berat dan 1 unit gedung taman posyandu rusak berat serta atap roboh.

Akibat bencana alam tersebut, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Saat ini, PMI Kabupaten Malang dan BPBD Kabupaten Malang sudah memberikan penanganan di lokasi bencana.

"Hujan turun cukup deras dan disertai angin kencang di wilayah tersebut. Akibatnya, banyak atap rumah warga rusak ringan hingga rusak berat dan pohon-pohon tumbang," ujar Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, kepada TIMES Indonesia.

Dia melanjutkan, angin puting beliung itu terjadi sore hari. "Setelah mendapatkan informasi, kami langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan serta membantu masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, yang dibutuhkan di lokasi kejadian saat ini adalah terpal yang akan digunakan korban untuk berteduh dan menutupi rumah masyarakat yang mengalami kerusakan.

"Cuaca masih mendung, dikhawatirkan akan turun hujan lagi. Maka dari itu, bantuan yang mendesak yakni terpal," terangnya.

Dia melanjutkan, sebelum kejadian di Sumberpucung, sehari sebelumnya juga terjadi bencana alam angin puting beliung di Gedangan. "Untuk lokasi lain yang dikabarkan juga terjadi bencana angin puting beliung, kami belum mendapatkan laporan. Nantinya akan kami cek kebenarannya," ungkapnya.

Beberapa wilayah di Kabupaten Malang yang dikabarkan juga diterjang angin puting beliung melalui video tersebar di WhatsApp yakni Bantur, Gondanglegi, Kalipare dan Poncokusumo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES