Peristiwa Daerah

Dokter M Azharry Rulli: Anak Lahir Prematur Juga Dapat Tumbuh Sehat

Kamis, 14 November 2019 - 15:47 | 91.59k
Dokter Anak Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. M. Azharry Rulli S, Sp.A (FOTO: Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)
Dokter Anak Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. M. Azharry Rulli S, Sp.A (FOTO: Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dokter Anak Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. M. Azharry Rulli S, Sp.A menyampaikan bahwa meskipun lahir prematur seorang anak masih memiliki kesempatan untuk tumbuh sehat seperti anak-anak lainnya.

Azharry menjelaskan, ada tata cara perawatan tertentu yang bisa diikuti dan diterapkan oleh orangtua dari anak prematur agar si kecil bisa mengejar ketertinggalan pertumbuhannya.

Menurutnya, anak prematur memang kehilangan masa pertumbuhan yang seharusnya terjadi saat masih dalam kandungan.

"Namun, nutrisi yang diterima pada minggu-minggu awal setelah kelahiran diperlukan untuk membantu kejar tumbuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya masalah dalam tumbuh kembang si kecil," ujar Azharry dalam diskusi 'Bicara Gizi: Upaya Pencegahan dan Tata Laksana Anak Prematur Agar Tumbuh Kembang Optimal' di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).

Azharry menambahkan, bahwa peran Air susu ibu (ASI) sangat direkomendasikan karena memiliki nutrisi paling baik untuk anak prematur Selain itu, dukungan dari keluarga lingkungan sekitar dalam merawat anak prematur menjadi faktor penting dalam perkembangan kesehatan anak. Terakhir, Azharry memberikan tips khusus bagi orang tua, laksana yang dapat diikuti dalam merawat anak prematur, berikut tipsnya; 

Karena kondisi kesehatannya, anak prematur atau berat lahir rendah lebih rentan untuk mengalami hipotermia. Pastikan setelah memandikan, anak benar-benar kering dan segera selimuti untuk menjaga suhu tubuhnya. 

Ibu juga dapat mempraktikkan Metode Kanguru, yaitu menghangatkan anak baru lahir menggunakan suhu tubuh ibunya. Selain menghangatkan tubuh anak, metode ini dipercaya dapat meningkatkan berat badan bayi dengan cepat dan memperkuat ikatan antara ibu dan anak.

Untuk menjaga berat badan anak setelah lahir, berikan ASI sesering mungkin walaupun waktu menyusuinya pendek, setidaknya sekali dalam 2 jam.  Jika anak belum bisa menyusui, maka ASI perah dapat diberikan dengan peralatan pendukung seperti sendok atau gelas. Selain sebagai sumber nutrisi, ASI dapat meningkatkan imunitas dan perkembangan tubuh anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES