Pemerintahan

Serahkan DIPA, Presiden RI Jokowi: Mulai Kerja Secepatnya

Kamis, 14 November 2019 - 14:51 | 72.16k
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan DIPA pada Kamis (14/11/2019) (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan DIPA pada Kamis (14/11/2019) (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) pada Kamis (14/11/2019) menyerahkan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA), Dana Transfer Daerah dan Dana Desa kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, penyerahan DIPA digelar di Istana Negara, Jakarta. Menurut Presiden, DIPA yang diserahkan mencapai Rp 909 triliun untuk K/L dan Rp 556 triliun untuk transfer ke daerah.

Untuk itu, Presiden berharap setelah penyerahan ini, ada perubahan cara bergerak dan mindset, juga pola-pola lama yang harus ditinggalkan. "Mulai secepat-cepatnya belanja, terutama belanja moda bagi DIPA-DIPA yang tadi sudah diserahkan," kata Presiden.

Edisi-Sore-14-November-2019-PUPR.jpg

Presiden mengutip pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai ketidakpastian ekonomi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi global, yang menghantui hampir semua negara. Sehingga diharapkan fiskal dan belanja APBN ini bisa men-trigger pertumbuhan ekonomi se-awal mungkin.

"Oleh sebab itu segera setelah ini lelang. Pelaksanaan Januari sudah dilaksanakan, jangan nunggu-nunggu sudah, ini perintah," tegas Presiden.

Presiden RI Jokowi juga meminta agar K/L dan Pemerintah Provinsi segera belanja secepat-cepatnya. "Jangan sampai seperti bulan November masih ada Rp 31 triliun dalam proses e-tendering. Oleh sebab itu mulailah sejak Januari tahun depan ini penggunaan belanja APBN itu," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES