Peristiwa Daerah

FKUB Blitar: Imbauan MUI Jatim Bagian dari Pembelajaran

Kamis, 14 November 2019 - 14:39 | 59.49k
Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi menyatakan bahwa imbauan kepada pejabat di wilayah Jawa Timur agar tidak menggunakan salam lintas agama sebagai pembuka acara resmi yang dikeluarkan MUI Jatim sifatnya tausyiah.

Menurutnya imbauan tersebut bertujuan untuk melindungi akidah agar para pejabat yang beragama Islam agar aqidahnya tetap terjaga.

"Ini juga bagian dari pembelajaran bahwa di dalam beragama, toleransi tidak harus berarti mencampuradukkan tapi bagaimana kita bisa bersama-sama hidup di dalam negara Indonesia ini dengan dasar saling menghormati saling menyayangi saling melindungi tanpa mencampuradukkan ajaran agama," jelasnya, Kamis (14/11/2019).
 
Menurut Jamil, bagian terpenting dari tausyiah yang dikeluarkan MUI Jatim itu adalah bagaimana seorang muslim bisa menjaga aqidahnya. Namun, Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pejabat daerah agar di dalam menyikapi dengan searif mungkin karena tausiah itu sifatnya nasihat.
 
"Monggo kalau memang dibutuhkan, perlu dan baik silakan dilakukan tapi mana kala memang nanti menimbulkan dampak, yang terpenting aqidah kita tetap terjaga. Kita bisa tetap  memberikan pelayanan yang sama kepada masyarakat," urainya.

Selanjutnya, Jamil berharap, terkait dengan salam antar agama ini tidak usah dipanjanglebarkan karena memang sifatnya tausyiah atau imbauan. Tausyiah ini juga merupakan media intropeksi untuk menempatkan diri sebaik mungkin, baik sebagai seorang muslim maupun sebagai pejabat pemerintah.

"Insyaallah dengan bisa menempatkan diri sebaik mungkin, kita bisa menjaga kerukunan, menjaga keharmonisan kehidupan beragama dan menjaga kebhinekaan ini. Akhirnya,  kesejahteraan bersama yang ingin kita capai, bisa kita raih sama-sama," tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES