Peristiwa Daerah

Tingkatkan Pengawasan Pilkada 2020, Bawaslu Lamongan Bentuk Desa Pengawasan

Kamis, 14 November 2019 - 14:26 | 112.06k
Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar (putih) memberikan sosialisasi Desa Pengawasan di Desa Besur, Kecamatan Sekaran. (FOTO: Istimewa)
Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar (putih) memberikan sosialisasi Desa Pengawasan di Desa Besur, Kecamatan Sekaran. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamongan, Jawa Timur telah memulai langkahnya untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2020, dengan membentuk Desa Pengawasan.

Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar mengatakan, saat ini telah terbentuk 3 Desa Pengawasan di Lamongan, yakni di Desa Besur Kecamatan Sekaran, Desa Dukuhagung Kecamatan Tikung dan Desa Balun Kecamatan Turi.

Badar menyebut, ketiga desa tersebut terpilih sebagai Desa Pengawan karena dinilai telah memenuhi aspek yang dibutuhkan. "Beberapa aspek tersebut adalah ada aspek inovasi, bonus demografi pemuda dan keanekaragaman," ujarnya, Kamis (14/11/2019).

Badar menjelaskan, pembentukan Desa Pengawasan bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

"Salah satu yang paling berpengaruh dalam demokrasi adalah adanya partisipasi masyarakat. Selain sebagai objek, masyarakat memiliki kewajiban bersama-sama dalam rangka menegakkan Pilkada yang baik," tuturnya.

Badar berharap terbentuknya Desa Pengawasan mampu membuat masyarakat lebih aktif dalam melakukan pengawasan.

"Kami ingin merintis desa yang warganya itu sadar pengawasan partisipatif, warganya siap melakukan pengawasan partisipatif, serta siap bekerja sama dan melakukan inovasi-inovasi dalam hal pengawasan partisipatif," ucap Badar terkait Desa Pengawasan yang dibetuk Bawaslu Lamongan untuk Pilkada 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES