Pendidikan

SDN Ngaglik 02 Batu, Sekolah Pencetak Atlet Gulat Jawa Timur

Kamis, 14 November 2019 - 09:17 | 193.36k
Para siswa SDN Ngaglik 02 saat berlatih gulat di sekolah, lewat olahraga ini berbagai prestasi diraih. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Para siswa SDN Ngaglik 02 saat berlatih gulat di sekolah, lewat olahraga ini berbagai prestasi diraih. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Di Indonesia, olahraga gulat mungkin tidak sepopuler sepakbola atau bulutangkis. Namun begitu, di Kota Batu, Jawa Timur terdapat sekolah dasar yang memiliki kegiatan ekstra olahraga gulat, yakni di SDN Ngaglik 02. Penggemarnya juga banyak, sampai saat ini tercatat ada 20 atlet gulat di SDN Ngaglik 02. 

Sudah dua tahun ini, gulat menjadi olahraga favorit di sekolah ini. Disela-sela pelajaran, sebelum pulang sekolah, anak-anak berlatih gulat bersama pelatihnya. 

SDN-Ngaglik-02-v1.jpg

Hasilnya cukup luar biasa, ekstra gulat ini tidak hanya menjadi olahraga pilihan siswa, namun juga menorehkan prestasi bagi sekolah di tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Padahal awalnya, ketika pertama kali diusulkan, sempat muncul berbagai pertanyaan terkait keselamatan dan kesehatan siswa yang menekuni olahraga ini. 

"Termasuk saya, sempat menolak olahraga ini, karena khawatir keselamatan anak-anak. Tapi setelah saya banyak ngobrol dengan guru pembina olahraga dan orang diluar sekolah, akhirnya saya yakin kalau ekstra ini bisa dilakukan di sekolah," kata Kepala Sekolah SDN 02 Ngaglik, Nur Samsul Maarif. 

SDN-Ngaglik-02-v2.jpg

Samsul pun mulai menyosialisasikan rencana pembuatan ekstra kurikuler olahraga gulat kepada orang tua, tidak disangka ternyata orang tua memberikan sambutan positif dan mempersilahkan sekolah melaksanakan olahraga gulat. 

Sementara pelatih gulat SDN Ngaglik 02, Ruli Evan Perdana mengatakan bahwa gulat bukan sesuatu yang menakutkan. 

"Gulat bukan sesuatu yang menakutkan untuk siswa, karena semua bantingan, ada tekniknya selain sudah ada matras untuk pengaman," ujarnya. 

Anak-anak sudah dilatih cara yang membanting dan cara menjatuhkan diri dengan benar. "Lewat olahraga ini selain kita bisa mendapatkan prestasi di gulat, juga bisa mendapatkan prestasi di senam lantai. SDN Ngaglik 02 mendapatkan medali perunggu dalam cabang olahraga Senam Lantai tingkat Provinsi," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES