Kopi TIMES

Meneropong Peran Ekonomi Akuntansi di Lamongan

Rabu, 13 November 2019 - 23:41 | 119.67k
Yeni Vera Fibriyanti, S.E., M.Akt Dosen Fakultas Ekonomi di Unisla
Yeni Vera Fibriyanti, S.E., M.Akt Dosen Fakultas Ekonomi di Unisla

TIMESINDONESIA, LAMONGANDEWASA ini ilmu ekonomi menjadi salah satu ilmu sosial yang terbilang paling dibutuhkan. Yeni Vera Fibriyanti, S.E., M.Akt salah satu Dosen Fakultas Ekonomi Unisla pun memiliki pandangan bagaimana peran ekonomi akuntansi.

Ekonomi akuntansi dalam praktiknya merupakan proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi pada sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi.

Informasi tersebut digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan atau stakeholder untuk pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan. Yakni keputusan untuk memproduksi suatu produk, pendistribusian produk dan siapa saja yang menkonsumsi produk tersebut.

Dalam konteks ekonomi akutansi di Lamongan, dimana Lamongan merupakan satu diantara kabupaten/kota penggerak di Jawa Timur, bahkan dalam skala nasional, Lamongan memiliki sumbangsih dalam perkembangan ekonomi. 

Lamongan, mempunyai banyak potensi terutama pada bidang pertanian dan perikanan. Potensi tersebut, bahkan dapat menembus pasar Internasional dengan letak wilayah Kabupaten Lamongan yang strategis di pesisir laut Jawa.

Berbagai potensi itu, maka ketika dikaitkan dengan inflasi ekonomi, di Lamongan hanyalah inflasi listrik. Itu tak lain.karena tarif listrik semakin meningkat.

Hal ini akan mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan lainnya. Masyarakat cenderung menggunakan uangnya untuk membayar listrik daaripada untuk membeli kebutuhan yang lain.

Inflasi litrik juga menyebabkan peningkatan harga jual suatu barang. Hal ini di karenakan tarif listrik Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) meningkat, sehingga harga jual produk yang dihasilkan oleh UMKM juga naik.

Terkait peluang dan persaingan pasar ekonomi di Lamongan sendiri, Lamongan sebagai daerah tropis dengan banyak lahan akan memberikan peluang bagi investor dan UMKM untuk mendirikan usaha di Lamongan. 

Di samping itu, adanya persaingan pasar ekonomi merupakan hal yang wajar. Persaingan tersebut dapat di atasi dengan cara menciptakan produk baru, inovasi produk, dan promosi produk.

Berbagai macam potensi dan kemungkinan inflasi tersebut, harapan ke depan, perekonomian di Lamongan bisa menjadi lebih maju. Kita tidak hanya menjadi buruh pabrik atau menjadi tenaga kerja. Kita harus menjadi wirausaha dan membuka lapangan kerja bagi orang lain khususnya orang-orang disekitar kita.

* Penulis adalah Yeni Vera Fibriyanti, S.E., M.Akt Dosen Fakultas Ekonomi di Unisla

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES