Pendidikan

Kenalkan Dini Mitigasi Bencana, Mahasiswa UM Ajak Siswa Belajar Sambil Bermain

Rabu, 13 November 2019 - 23:02 | 76.20k
Mahasiswa KKN Tematik Tanggap Bencana UM menggelar sosialisasi dan simulasi bencana Gempa Bumi di Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB (Foto: Istimewa)
Mahasiswa KKN Tematik Tanggap Bencana UM menggelar sosialisasi dan simulasi bencana Gempa Bumi di Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, LOMBOK UTARAMahasiswa KKN Tematik Tanggap Bencana dari Universitas Negeri Malang (UM) menggelar sosialisasi dan simulasi bertajuk "Tanggap, Tangkas, dan Tangguh Bencana Gempa Bumi" di enam SD Negeri Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

NTB, sebagai daerah dengan potensi gempa bumi yang tinggi, pengenalan pengetahuan tentang mitigasi bencana perlu dikenalkan sejak dini. Upaya tersebut diwujudkan para

Mitigasi-Bencana-2.jpg

Pelatihan yang digelar selama pekan ketiga bulan Oktober itu, dimulai di SD Negeri 2 Tanjung pada Rabu (13/10/2019). Para siswa dikenalkan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum, selama, dan sesudah gempa bumi terjadi, di mana arah jalur evakuasi dan letak titik kumpul, serta bagaimana cara menyelamatkan diri.

Mereka nampak antusias dan bersemangat sebab di akhir pelatihan, siswa diajak menggambar poster tentang kebencanaan. Poster-poster tersebut nantinya akan dibingkai dan dipasang di dinding kelas.

Mitigasi-Bencana-3.jpg

Selain itu, siswa juga diajak melalukan simulasi ketika terjadi gempa bumi. Mereka melindungi kepala dengan tas kemudian berjalan merangkak menuju lapangan. Di lapangan yang juga didesain sebagai tempat pengungsian, para siswa mendapatlkan materi tentang trauma healing.

Di akhir sesi, siswa diajak bermain teka-teki jalur evakuasi dan kuis seputar materi yang disampaikan. Siswa yang dapat menjawab dengan tepat mendapat hadiah.

Mitigasi-Bencana-4.jpg

"Saya sangat berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebab pelajaran tentang mitigasi bencana ini tidak ada di kurikulum sekolah," ujar Kepala SD Negeri 2 Tanjung saat mendampingi kegiatan sosialisasi dan simulasi Mahasiswa KKN Tematik Tanggap Bencana UM tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES