Pendidikan

Wisuda Terakhir IKIP Mataram, Berikutnya Undikma

Rabu, 13 November 2019 - 22:33 | 416.64k
Wisuda periode 1 IKIP Mataram tahun 2019, (Foto: Humas IKIP Mataram for TIMES Indonesia)
Wisuda periode 1 IKIP Mataram tahun 2019, (Foto: Humas IKIP Mataram for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAMIKIP Mataram menggelar Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode I Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan wisuda bertempat di Hotel Lombok Raya Kota Mataram, Rabu, (13/11/2019). 

Ketua Panitia Wisuda Ni Ketut Alit Suarti menyampaikan bahwa, berdasarkan SK Yudisium di masing-masing fakultas, jumlah total mahasiswa yang diwisuda sebanyak 318 orang, dengan rincian Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi Teknologi Pendidikan 39, Bimbingan dan Konseling 60,  Administrasi Pendidikan 31, Pendidikan Luar Sekolah 2  orang.

Sementara Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA), Program Studi Pendidikan Biologi 12, Pendidikan Matematika 16, Pendidikan Kimia 8 dan Pendidikan Fisika 2 orang. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan  (FPOK) Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 64 orang.

Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris 14 dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris 70 orang.  

"Berdasarkan predikat kelulusan, berhasil lulus dengan predikat Sangat Terpuji (Summa Cum Laude) 4 orang, Dengan Pujian (Cum Laude)  72 orang, Sangat Memuaskan 232 orang, Cukup Memuaskan 1 orang, Memuaskan 9 orang. Wisudawan terbaik berdasarkan IPK diraih oleh Zukhairatunniswah Prayati  IPK 3,91 (S2 Pendidikan Bahasa Inggris) dan Afjur IPK 3,85 (Prodi Administrasi Pendidikan)," ungkap ibu yang akrab disapa Alit ini.

Lebih lanjut Ibu Alit yang juga Wakil Rektor I ini menambahkan bahwa, wisuda ini menjadi wisuda terakhir bagi IKIP Mataram, seiring dengan perubahan nama dan bentuk dari institut keguruan menjadi Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma). 

Semua proses akademik dan tahap legalitas penyelesaian studi mahasiswa sesungguhnya sudah selesai sebelum tanggal 10 Oktober 2019, namun karena berbagai kesibukan lainnya, dan atas dasar hasil konsultasi dengan LLDIKTI Wilayah VIII akhirnya wisuda baru dapat dilaksanakan tanggal 13 November 2019. 

Wisuda juga berbarengan dengan masa pendaftaran CPNS dan penerimaan tenaga kerja pada berbagai sektor, mudah-mudahan banyak alumni IKIP Mataram termasuk yang diwisuda kali ini diterima dan terserap pada tempat kerja yang mereka harapkan.  

"Untuk wisuda selanjutnya kami sudah menggunakan Undikma dengan berbagai perubahan seperti jumlah program studi menjadi 20, yang terdiri dari 12 program studi dari  IKIP Mataram  (seperti disebutkan sebelumnya) dan 8 program studi dari UNTB yaitu  Prodi S1 Kehutanan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Manajemen, S1 Pendidikan Dokter Hewan, S1 Teknil Sipil, D3 Arsitektur, D3 Seni Rupa, D3 Teknik Pertambangan," terangnya. 

Sementara itu Pembina Yayasan IKIP Mataram L. Rusmiady mengatakan bahwa, Wisuda ini adalah kali terakhir atas nama IKIP Mataram, selanjutnya nanti pada wisuda berikutnya sudah menjadi UNDIKMA, karena paling telat 10 November kemarin.

"Yang wisuda periode ini adalah merupakan suatu keberuntungan bagi mahasiswa, begitu terima ijazah, langsung pembukaan CPNS, semoga bisa bermanfaat bagi mahasiswa kali ini," kata Rusmiady. 

"Ke depan kita sudah bicara Undikma, dan kita sudah bicara 20 prodi, 12 prodi IKIP Mataram, 8 prodi UNTB, datanya sudah masuk," pungkasnya. 

Wisuda kali ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Dr. Ir. Patdono Suwigno, M.Eng.Sc, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Prof. Nengah Dasi Astawa, Ketua Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram (YPIM) H. L. Rusmiady, SH.,MM, Rektor beserta seluruh anggota Senat dan Pimpinan IKIP Mataram, Pimpinan lembaga mitra, Pimpinan PTN/PTS Se Kota Mataram, dan  orang tua wisudawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES