Peristiwa Daerah

Bawaslu Bontang Buka Pendaftaran Panwascam

Rabu, 13 November 2019 - 22:05 | 117.36k
Ketua Bawaslu Bontang, Nasrullah (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Ketua Bawaslu Bontang, Nasrullah (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGBawaslu Bontang membuka kesempatan kepada putra putri terbaik Kota Bontang untuk bergabung dalam Panwascam yang akan melakukan pengawasan di Pilkada Bontang 2020.

Hal ini dipandang perlu bagi Bawaslu, mengingat kota Bontang sudah memasuki tahapan Pilkada 2020 sehingga Panitia pengawas ad hoc di setiap kecamatan (Panwascam) Kota Bontang dipandang perlu terbentuk.

Ketua Bawaslu Kota Bontang Nasrullah mengatakan membutuhkan sembilan orang Panwascam untuk tiga kecamatan di Kota Bontang. Setiap kecamatan akan ditempatkan tiga orang pengawas.

“Pendaftaran ini dibuka untuk siapa saja, dengan syarat minimal berusia 25 tahun dan memiliki pengetahuan tentang kepemiluan dan pengawasan,” ungkapnya kepada Bontang TIMES Rabu, (13/11/2019).

Lebih lanjut dikatakan Nasrullah, Panwascam tersebut berkewajiban dan berwenang dalam mengawasi proses demokrasi selama Pilkada di tingkat Kecamatan.

"Seperti Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Panwas Kecamatan dibentuk satu bulan sebelum tahapan pertama penyelenggaraan Pemilihan dimulai dan berakhir paling lambat dua bulan setelah seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilihan selesai," jelasnya.

Yang sedikit berbeda dalam proses perekrutan Panwascam kali ini, pendaftar harus mengikuti tes tertulis secara online dengan menggunakan aplikasi. “Yang akan mengikuti tes tertulis, tentu yang sudah dinyatakan lolos berkas,” tuturnya. 

Dijelaskan lagi, setelah pendaftar mengikuti semua tahapan, Bawaslu Bontang menjadwalkan pengumuman hasil tes pada 18 Desember 2019. Selanjutnya, Panwascam terpilih akan dilantik pada 20 – 21 Desember 2019.

“Perekrutan Panwascam harus tetap menganut asas keterbukaan dan transparansi publik demi mendapatkan penyelenggara pengawas yang kredibel, profesional dan berintegritas,” ucap Nasrullah. Kordiv SDM Bawaslu Kota Bontang.

Diketahui beberapa tahapan yang akan dilakukan Bawaslu Bontang dalam proses rekrutmen. Di antaranya, tahapan pengumuman pendaftaran Panwascam yang dijadwalkan pada 13 – 26 November 2019. Kemudian, pendaftaran dan penerimaan berkas dijadwalkan pada 27 November – 3 Desember 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES