Pemerintahan

Gubernur Malut Hadiri Rakornas Indonesia Maju di Bogor

Rabu, 13 November 2019 - 21:53 | 92.43k
Presiden Joko Widodo saat menghampiri para Gubernur. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo saat menghampiri para Gubernur. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALUKU UTARAGubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba menghadiri acara Rakornas Indonesia Maju, yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Rabu (13/11/2019).

Dengan Pakaian Dinas Harian warna khaki, Gubernur Abdul Gani Kasuba bersama para Gubernur se-Indonesia berada pada kursi terdepan.

Kehadiran Gubernur dalam acara tersebut sesuai surat yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M. Tito Karnavian, dengan Nomor: 080/12217/SJ. dalam rangka menyinergikan 5 (lima) prioritas pembangunan nasional tahun 2020-2024.

Acara Rakornas berlangsung 1 (satu) hari yang dibuka Presiden itu dihadiri oleh para kepala Lembaga, Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, Forkopimda dan pimpinan DPRD, yang dipusatkan di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam sambutan, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan terlengkap yang dihadiri unsur pemerintah baik pusat maupun daerah. Presiden berharap agar pemerintah pusat dan daerah bisa bersinergi dengan baik demi menyukseskan agenda besar bangsa Indonesia.

"Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah. Juga perlu saya sampaikan, mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara lain," kata Presiden, sebagaimana dalam rilis yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Lanjut Presiden, jumlah penduduknya saja sekarang sudah 267 juta, jumlah pulaunya 17 ribu pulau, beragamnya budaya, suku, agama, juga semakin kompleksnya kita mengelola negara sebesar Indonesia ini.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian, dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakornas ini dihadiri oleh 2.693 peserta yang terdiri atas Kepala Daerah, DPRD, Kepolisian, Kejaksaan dan TNI.

Untuk diketahui, saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 lalu, Presiden Jokowi menyampaikan 5 (lima) visi besar yang akan dikerjakan dalam pemerintahannya lima tahun ke depan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kita harapkan adanya sinergitas antara pusat dan daerah, ada kesamaan visi dengan tujuan untuk membangun Indonesia yang makin maju ke depan," ungkap Mendagri.

Mendagri mengajak setiap unsur pemerintah daerah duduk bersama untuk menyamakan 5 visi pembangunan. Lima Visi pembangunan yang dimaksud, yaitu Pembangunan SDM, Pendidikan dan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur, Mempermudah Regulasi Investasi dan Lapangan Kerja serta Reformasi Birokrasi.

“Visi pembangunan harus disamakan, sehingga tercipta pembangunan yang terarah dan berkelanjutan dari pusat sampai ke daerah,” ungkap Mendagri.

Usai pembukaan Rakornas Indonesia Maju, dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh 35 Menteri dan Kepala Lembaga, yang dibagi dalam 8 (delapan) panel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES