Indonesia Positif

Semangat PROLANIS di Faskes Tingkat Pertama Puskesmas Bululawang

Rabu, 13 November 2019 - 07:41 | 233.18k
Kegiatan Edukasi Prolanis Faskes I Puskesmas Bululawang selasa 22-10-2019
Kegiatan Edukasi Prolanis Faskes I Puskesmas Bululawang selasa 22-10-2019

TIMESINDONESIA, MALANGPuskesmas Bululawang Kabupaten Malang menggelar kegiatan PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). Kegiatan ini rutin digelar setiap hari Selasa jam 06:30 WIB.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS kesehatan yang menderita penyakit kronis(hipertensi,Diabetes dll). Untuk mencapai kualitas hidup sehat yang optimal.

Peserta PROLANIS di Faskes tingkat pertama(FKTP) Puskesmas Bululawang sejumlah 60 orang dari berbagai desa di Wilayah Kecamatan Bululawang. Kegiatan ini bisa di akses dengan baik terbukti jumlah kehadiran yang lebih 85% dari sasaran yang ada disetiap pelaksanaan kegiatan. Anggota PROLANIS ini usia diatas 15 tahun dan sudah melalui tahapan skrining PTM.

Prolanis-2.jpg

Bambang Pujasewendro Kepala Puskesmas Bululawang menugaskan kepada tenaga medis dr. Mega Wiragrenda Alif Fiola untuk memimpin kegiatan PROLANIS bersama beberapa tenaga para medis Hendra Maulana ( Perawat), Dwi Putri Rihdiwati (Perawat), Syiam Mufidah(Perawat), dan Ermawati Ningsih (Bidan) sebagai pendamping kegitatan PROLANIS ini. Aktivitas  PROLANIS ini meliputi berbagai hal antara lain senam, konsultasi kesehatan, edukasi dan home visite.

Kegiatan senam di PROLANIS Bululawang setiap hari selasa pertama sampai dengan ketiga. setelah senam, dilaksankan cek kesehatan dan dibagikan konsumsi berupa snak/ buah serta pengambilan obat PRB. Sedangkan di selasa keempat merupakan jadwal edukasi dengan narasumber bergantian sesuai jadwal (Dokter Umum, Ahli Gizi, Dokter Spesialis) dan cek kesehatan serta pemeriksaan laboratorium sederhana.

Prolanis-3.jpg

Dari kegiatan ini apabila ada anggota yang tidak hadir lebih dari tiga kali berturut-turut dilakukan kunjungan rumah oleh petugas kesehatan yang didampingi oleh Dachlan ketua paguyupan PROLANIS Faskes pertama Puskesmas Bululawang.

Disela-sela kegiatan ini untuk meningkatkan silahturahmi, solidaritas dan kerjasama yang baik juga diadakan anjang sana sesama peserta juga diagendakan rekreasi bersama seluruh peserta kebersamaan ini dibuktikan dengan seringnya peserta mengadakan makan bersama, memperingati hari ulang tahun PROLANIS faskes I Puskesmas Bululawang juga berswadaya pengadaan seragam untuk olahraga dan seragam batik untuk acara edukasi.

Selain itu untuk meningkatkan kreasi dan inovasi para peserta PROLANIS juga diikutsertakan berbagai lomba yang diadakan oleh BPJS, antara lain lomba senam, lomba yel-yel, dan lomba penampilan dengan kostum terbaik.

Semua aktivitas yang terjadwalkan di PROLANIS didahului dengan musyawarah dari anggota dan tenaga kesehatan yang bertugas sebagai pendamping, sehingga dalam pelaksanaan sudah disepakati dan diketahui oleh seluruh peserta. Kegiatan ini tidak lepas dari monitoring Puskesmas Bululawang secara berkala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES