Kopi TIMES

Hindarkan Rasa Jenuh Siswa dengan Belajar di Taman

Rabu, 13 November 2019 - 15:15 | 151.32k
Belajar di Taman
Belajar di Taman

TIMESINDONESIA, SRAGEN – Belajar masih menjadi momok bagi siswa. Bahkan belajar menjadi suatu hal yang menakutkan. Tingkat belajar siswa kadang masih rendah. Hal ini terlihat dari siswa yang tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Daya kreatif dan inovatif siswa menjadi tidak muncul. Hal tersebut membuktikan bahwa motivasi belajar siswa benar-benar sangat rendah. Dengan meningkatkan motivasi belajar siswa diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Salah satu faktor eksternal  yang dapat mempengaruhi semangat belajar siswa adalah guru. Guru harus mampu memotivasi dan kreatif dalam mengelola kelas. Sebagus apapun metode dan model pembelajaran dari guru jika siswa tidak dapat dikelola dengan baik maka motivasi belajar siswa tidak tercapai.

Guru sangat berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang menarik. Generasi cerdas dan berwawasan tinggi akan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang berkualitas. Guru harus melakukan inovasi dalam dunia pendidikan agar siswa dapat menikmati pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang menarik bagi siswa adalah pembelajaran di luar kelas.

Pembelajaran di luar kelas atau sering disebut outing class. Pembelajaran outdoor merupakan salah satu teknik pembelajaran yang menekan pada pengalaman seseorang yang diperoleh melalui tindakan di lapangan (Sumarni, 2012:98).

Pembelajaran outing class dapat dilakukan dengan cara mengajak siswa belajar di taman, dengan mengajak siswa jalan-jalan di lingkungan sekolah, melakukan pengamatan di museum, melakukan pembelajaran di dunia industri, dan mengadakan outbond. Hal ini tentu pembelajaran di luar kelas akan menjadi sebuah pengalaman bermakna yang sulit dilupakan oleh siswa.

Dengan cara pembelajaran outing class ini membuat siswa tidak jenuh. Siswa setiap hari selalu mengikuti pembelajaran di ruang kelas dari pagi sampai sore. Kondisi ruangan kelas yang monoton membuat siswa bosan.

Beberapa manfaat bagi siswa dengan pembelajaran outing class adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga muncul inspirasi-inspirasi baru. Manfaat yang lain adalah siswa mudah menerima informasi dari guru sehingga pengetahuan lebih bertambah luas. Merangsang kreativitas dan menambah kepedulian terhadap alam sekitar.

Dengan pembelajaran di luar kelas, siswa akan semakin termotivasi dalam belajar sehingga ilmu pengetahuan yang disampaikan lebih mudah diserap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES