Peristiwa Daerah

Soal Kontroversi MUI Jatim, PCNU Jombang: Kami Ikut Bahtsul PWNU Jatim

Rabu, 13 November 2019 - 09:47 | 150.27k
Ketua PCNU Jombang, Muhammad Salmanudin Yazid. (FOTO: NU Online)
Ketua PCNU Jombang, Muhammad Salmanudin Yazid. (FOTO: NU Online)

TIMESINDONESIA, JOMBANGMUI Jatim mengeluarkan imbauan agar pejabat tak menggunakan salam semua agama dalam acara resmi nampaknya menjadi polemik.

Imbauan ini terlampir dalam surat bernomor 110/MUI/JTM/2019 yang diteken Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori.

Dalam surat itu, ada poin menyerukan kepada semua pejabat untuk menggunakan salam sesuai ajaran agama masing-masing saja. Pejabat Islam misalkan, cukup menggunakan salam 'Assalaamu'alaikum. Wr. Wb'.

Menanggapi hal itu, Ketua PCNU Jombang, Muhammad Salmanudin Yazid mengatakan, PCNU Jombang tetap mengikuti hasil Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Provinsi Jawa Timur (PWNU Jatim) terhadap permasalahan tersebut.

Yang mana kemarin, lanjut laki-laki yang biasa disapa Gus Salman itu, hasil dari rumusan PWNU menegaskan bahwa pejabat muslim dianjurkan mengucapkan salam dengan kalimat “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”, atau diikuti dengan ucapan salam nasional, seperti selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua, dan semisalnya. 

Akan tetapi, dalam kondisi dan situasi tertentu yakni dalam menjaga persatuan bangsa dan menghindari perpecahan, pejabat muslim juga diperbolehkan menambahkan salam lintas agama.

"Pendapat kita sama dengan PWNU Jatim. Bagi pejabat pemerintahan dan acara-acara resmi tetap saja ikut budaya. Bagi acara-acara keagamaan organisasi (kelompok tertentu) hanya salam saja sudah cukup," katanya Rabu (13/11/2019)

Selain itu, Gus Salman menghimbau, khusus bagi masyarakat Jombang, agar tidak menanggapi polemik MUI Jatim itu secara berlebihan. Jika itu terjadi ditakutkan akan menjadi perpecahan dalam tubuh Islam sendiri. "Saya pasrahkan masyarakat agar menggunakan kebiaasaan yang telah berjalan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES