Peristiwa Daerah

1.000 Calon Penerima Program Siji Omah Siji Pam Jalani Sesi Wawancara Kelayakan

Selasa, 12 November 2019 - 21:15 | 53.18k
Calon penerima Program Siji Omah Siji Pam menjalani wawancara kelayakan di Pendapa Wahyawibawagraha, Senin (12/11/2019). (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Calon penerima Program Siji Omah Siji Pam menjalani wawancara kelayakan di Pendapa Wahyawibawagraha, Senin (12/11/2019). (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Jember melakukan wawancara kepada sekitar 1.000 orang yang akan menerima program sambungan air minum rumah gratis, Siji Omah Siji Pam.

Proses wawancara berlangsung mulai 8 – 15 November 2019 di Pendapa Wahyawibawagraha.

Direktur PDAM Kabupaten Jember Adi Setyawan menjelaskan, selain melakukan wawancara, pihaknya juga melakukan validasi data peserta program itu.

Program Siji Omah Siji Pam sendiri merupakan upaya meningkatkan cakupan pelayanan air minum atau air bersih di Kabupaten Jember. Sumber anggaran dari APBD Kabupaten Jember tahun 2019.

Sasaran prioritas program ini yaitu masyarakat yang memiliki balita stunting atau kerdil, difabel, guru ngaji, takmir masjid, guru bantu, dan kaum dhuafa.

“Semua kelompok ini termasuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah,” terang Adi ditemui di Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa (12/11/2019).

Adi juga menyebutkan, program ini sebenarnya replikasi dan perluasan dari program dibiayai oleh APBN atau dari pemerintah pusat.

Untuk mengikuti program ini, warga harus memenuhi syarat. Di antaranya, rumahnya tidak bertingkat, listrik di bawah 1.300 volt.

“Ini memudahkan masyarakat, karena sambungan air minum rumah ini gratis, tidak dipungut biaya satu sen pun,” ungkapnya.

Terkait proses wawancara dan validasi data, Adi mengatakan, warga yang belum menjalani wawancara sesuai jadwal pada undangan masih bisa ikut wawancara pada hari berikutnya sampai 15 November.

“Termasuk warga yang belum mendaftar dalam program ini, kami masih membuka pintu lebar-lebar untuk bisa mendaftar langsung di pendopo,” ungkapnya.

Setelah wawancara akan ada pemasangan saluran, yang didahului verifikasi oleh inspektorat dan tim.

"Setelah itu salurannya dipasang. Warga tetap membayar biaya bulannnya, tetapi sangat-sangat murah. Semoga program Siji Omah Siji Pam gratis dan pertama di Indonesia ini bisa dinikmati oleh masyarakat, menikmati akses air bersih secara layak dan secara baik," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES