Peristiwa Daerah

Dra Hj Dewanti: Makan Sego Empog Bikin Bahagia

Selasa, 12 November 2019 - 21:02 | 98.73k
Lima ribu takir sego empog dibagi-bagikan kepada masyarakat yang memenuhi Balai Kota Among Tani, Selasa sore. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Lima ribu takir sego empog dibagi-bagikan kepada masyarakat yang memenuhi Balai Kota Among Tani, Selasa sore. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Makan sego empog (nasi empok) bisa bikin bahagia. Begitu yang dikemukakan oleh Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si saat membuka Festival Sego Empog di Balai Kota Among Tani, Selasa (12/11/2019). 

Tidak hanya itu, makanan tradisional khas Jawa Timur ini bisa menjadi makanan alternatif bagi penderita diabetes. 

Dalam nasi jagung, kandungan gizi paling tinggi adalah magnesium, dengan mengkonsumsi magnesium membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes dan darah tinggi. 

Lima-ribu-takir-sego-empog-b.jpg

"Sego Empog ini makanan populer di Kota Batu tapi memang belum meng-Indonesia, semoga lewat Festival Sego Empog ini bisa membuat gaung, makan sego empog mudah-mudahan makan yang lebih sehat dan lebih bahagia," kata Dra Hj Dewanti. 

Festival Sego Empog ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu. Kegiatan ini diikuti TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan se Kota Batu, lembaga pendidikan dan peserta umum. 

Sebanyak 5000 takir (wadah terbuat dari daun pisang) dan 330 tumpeng sego empog yang dibagi-bagikan gratis ke setiap pengunjung yang hadir. 

"Tujuannya untuk diversifikasi makanan, karena pola pangan Kota Batu tahun 2019 masih bergantung pada produk padi dan terigu," kata Wiwik Nuryati. 

Lima-ribu-takir-sego-empog-c.jpg

Menurutnya, karbohidrat yang dapat mensubtitusi kebutuhan padi dan terigu salah satunya adalah jagung. "Jagung bisa diolah menjadi berbagai produk pengganti nasi," ujarnya. 

Selain itu, Festival Sego Empog ini dilaksanakan untuk mencitrakan kembali produk lokal untuk dimanfaatkan secara optimal sehingga menjadi produk unggulan daerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES