Pendidikan

Menag RI: Universitas Islam Internasional Indonesia Harus Beroperasi Tahun 2020

Selasa, 12 November 2019 - 20:56 | 85.68k
Presiden RI Jokowi saat peletakkan batu pertama dan master plan Kampus UIII yang futuristik ini diminta harus siap beroperasi tahun 2020. (FOTO: Dok.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Presiden RI Jokowi saat peletakkan batu pertama dan master plan Kampus UIII yang futuristik ini diminta harus siap beroperasi tahun 2020. (FOTO: Dok.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama RI (Menag RI), Fachrul Razi, minta agar Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sudah siap beroperasi pada tahun 2020.

UIII ini didirikan salah satu alasannya adalah untuk mengakomodir para pembelajar khususnya dari luar negeri yang ingin belajar tentang Indonesia.

Saat menerima kedatangan Rektor UIII, Prof Komarudin Hidayat di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta, Selasa (12/11/2019) siang, Menag RI mengatakan, seperti disampaikan oleh pak JK ketika mau membangun Universitas Internasional ini. "Begitu banyak yang mau studi kesini. Jadi sekarang dibentuk dan dibangun. tahun depan bisa dimulai,” katanya.

UIII-2.jpg

Rektor Komarudin menyebutkan, mahasiswa asing bisa datang ke Indonesia untuk belajar. "Negara asing biar tahu Indonesia. Standar keilmuannya yaitu standar Internasional. Indonesia ini adalah surga bagi penelitian sosial," katanya.

Moslem minority juga kita undang untuk bisa mendapatkan beasiswa di sini," tambahnya. Ikut mendampingi Menag RI, Staf Khusus Munajdat dan Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda.r

Peletakan batu pertama pembangunan kampus UIII dilaksanakan pada 5 Juni 2018 lalu oleh Presiden RI Jokowi. UIII dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektare.

Kampus UIII yang dibangun berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016 di Kompleks RRI, Cimanggis, Depok, Jawa Barat itu menelan biaya Rp 3,5 triliun

UIII nantinya akan membuka tujuh fakultas, yakni Kajian Islam, Ilmu Sosial Humaniora, Ekonomi Islam, Sains dan Teknologi, Pendidikan, Arsitektur, dan Seni.

Kampus UIII itu dibangun dengan bentuk yang  futuristik. Berdasarkan master plan, kawasan UIII akan dibangun beragam bangunan. Mulai dari gedung fakultas, rektorat, perpustakaan, gedung serba guna, pusat olahraga, taman cagar alam, taman suaka religi, hingga rumah permanen bagi mahasiswa yang berkeluarga, karyawan, serta tenaga pengajar.

Karena itu Menag RI minta agar Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) ini sudah harus siap beroperasi pada tahun 2020.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES