Peristiwa Nasional

Temui Habib Rizieq di Makkah, Senator Fachrul Razi: HRS Bisa Dukung Jokowi, tapi....

Selasa, 12 November 2019 - 20:36 | 1.22m
Senator Fachrul Razi saat mengunjungi HRS di Makkah Jumat, 8 November 2019 lalu. (foto: dokumen pribadi Fachrul Razi)
Senator Fachrul Razi saat mengunjungi HRS di Makkah Jumat, 8 November 2019 lalu. (foto: dokumen pribadi Fachrul Razi)

TIMESINDONESIA, JAKARTASenator Fachrul Razi menemui imam besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) di Makkah, Arab Saudi, Jumat (8/11/2019). Anggota DPR RI asal Aceh ini membincangkan perihal isu pencekalan hingga upaya rekonsiliasi.

Fachrul tiba di Indonesia Selasa, (12/11/2019. Dia menceritakan selama berada di Makkah, ia menyempatkan diri menemui langsung Habib Rizieq. “Pertemuan kami penuh dengan keakraban dan persaudaraan,” kenang Fachrul Razi.

Apa saja yang mereka bicarakan? Fachrul mengaku membicarakan beberapa poin.

"Kami melihat situasi dan kondisi Indonesia hari ini, ada beberapa poin yang kami bicarakan. Di antaranya adalah soal sikap politik Habib Rizieq ke depan. Intinya perjuangan tetap dilakukan dalam menegakkan kebenaran. Jika kebijakan pemerintah Jokowi baik dan bermanfaat bagi umat, ya beliau dukung. Tapi jika merugikan umat, perlawanan dan kritik tetap akan dilakukan,” ungkap Fachrul Razi.

Politikus asal Aceh ini juga mengungkapkan kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia dan terkait dengan pengakuan bahwa ada surat pencekalan atas Habib Rizieq oleh Pemerintah Indonesia.

"Pada intinya Habib Rizieq bersedia pulang kapan saja. Hanya saja beliau dicekal oleh pemerintah Indonesia sehingga tidak bisa keluar dari Saudi Arabia. Kepulangan Habib Rizieq bisa terwujud hanya kalau ada jaminan keamanan dan keselamatan bagi diri habib dan keluarga,” jelas Fachrul Razi.

Pembicaraan lain terkait rekonsiliasi. “Rekonsiliasi yang dimaui habib adalah rekonsilisasi dalam perspektif ijtihad ulama. Bukan kepentingan politik,” tandas Razi.

Artinya, kata Fachrul Razi, jika ada rekonsiliasi harus juga dipastikan semua ulama yang ditahan dan dikriminalisasi, para purnawirawan jenderal yang ditahan, serta para pendukungnya yang diproses hukum harus dibebaskan. 

"Menurut Habib Rizieq Shihab itu baru namanya rekonsiliasi. Jadi menurut habib, rekonsiliasi bukan hanya menerima jabatan posisi menteri, terus apa manfaatnya bagi umat?" ucap senator Fachrul Razi. Ia juga berharal agar pasca Pemilu seluruh elemen rakyat bersatu dan melakukan rekonsiliasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES