Peristiwa Daerah

Layanan Publik di Desa Sidomulyo, Jombang Gunakan Aplikasi Smart Desa

Selasa, 12 November 2019 - 19:32 | 260.69k
Pemuda Desa Sidomulyo memperlihatkan Aplikasi Smart Desa’ Berbasis Android. (FOTO: Syamsu Dhuha for TIMES Indonesia)
Pemuda Desa Sidomulyo memperlihatkan Aplikasi Smart Desa’ Berbasis Android. (FOTO: Syamsu Dhuha for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Layanan publik di Desa Sidomulyo, Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang kini menggunakanan aplikasi Smart Desa berbasis android.

Aplikasi tersebut adalah buah inovasi Syamsu Dhuha dan sejumlah pemuda di Desa Sidomulyo yang berinisiatif membuat sebuah aplikasi berbasis Android untuk memudahkan pelayanan publik di desanya.

“Pelayanan mobile desa berbasis Android. Dari itu kita mulai kembangkan,” katanya Selasa (12/11/2019).

Dia memaparkan, ide pembuatan aplikasi ‘Smart Desa’ ini sudah digagas sejak tahun 2018 lalu. Namun baru selesai dan dirilis di Google Play pada bulan April 2019 lalu. Di mana, lanjut dia, dalam aplikasi ‘Smart Desa’ ini ada empat fitur unggulan.

Pemuda-Desa-Sidomulyo-b.jpg

“Di dalamnya ada fitur yang bisa di akses dan dibaca seluruh warga, yaitu pelayanan surat, galeri desa, anggaran desa dan produk desa,” tambahnya.

Dalam pembuatan aplikasi ini, dia mengaku  mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat.

“Jadi, aplikasi ini kan berhubungan dengan Pemerintah Desa setempat, karena itu kita juga minta data segala hal tentang desa untuk dimasukkan ke dalam fitur aplikasi ini. Mulai dari data indentitas warga, anggaran desa, dokumentasi kegiatan desa dan juga produk-produk desa,” ujarnya.

Dalam mengembangkan aplikasi itu, ia mengaku membagi tugas bersama tim. Tim terbagi menjadi beberapa bagian antara lain, bagian branding, desain dan promosi, bagian konsep dan administrasi birokrasi serta bagian programmer.

Dhuha mengaku biaya untuk mengembangkan aplikasi ini relatif murah, sekitar Rp 5 -10 juta. Biaya tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019. Sebelumnya, gagasan itu dimasukkan ke RPJMDes dan RKPDes yang diusulkan didalam Musyawarah Desa tahun 2018.

“Iya itu untuk biaya upload '  ke Google Play Store, maintance database ditambah website dan aplikasi, biaya hosting dan domain, jasa desain, programmer serta konten,” tambahnya.

Target jangka pendek yang ingin dicapai dengan adanya aplikasi ‘Smart Desa’ ini, kata Dhuha, adalah untuk menunjang pelayanan di Desa Sidomulyo yang lebih baik dan terintegrasi. “Ya jelas, untuk memudahkan pelayanan desa, terutama mengurus surat menyurat desa yang ribet, dengan adanya aplikasi Smart Desa ini nanti, cukup isi form dan kirim melalui aplikasi. Ketika surat sudah selesai, warga akan mendapat notifikasi operator, dimana operatornya adalah perangkat desa," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES