Peristiwa Daerah Lowongan CPNS 2019

CPNS Kemendikbud Hanya Buka 202 Formasi

Selasa, 12 November 2019 - 16:23 | 125.29k
Kemendikbud membuka lowongan untuk 202 formasi CPNS. (FOTO: Tirto)
Kemendikbud membuka lowongan untuk 202 formasi CPNS. (FOTO: Tirto)
FOKUS

Lowongan CPNS 2019

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tak terlalu membuka banyak formasi untuk perekrutan CPNS tahun 2019 ini. Instansi yang dipimpin Menteri Nadiem Makarim ini hanya membuka 202 formasi.

202 formasi ini terdiri dari 176 formasi umum, 20 untuk lulusan cumlaude, 4 untuk penyandang disabilitas dan 2 bagi putra/putri Papua. Jumlah ini tersebar pada 41 posisi yang ditawarkan.

Jumlah tersebut akan ditempatkan pada unit pusat dan unit pelaksana teknis. Untuk unit pusat akan ditempatkan di lima tempat yaitu Sekretaris Jenderal,  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Inspektorat Jenderal, Badan Pengembangan  Bahasaa dan Perbukuan, serta Badan Penelitian dan Pengembangan. Sementara untuk unit pelaksana teknis akan ditempatkan pada perwakilan Provinsi masing masing daerah.

Proses seleksi pada CPNS Kemendikbud ini akan dilakukan melalui tiga tahap. Pertama adalah seleksi administrasi dilaksanakkan bagi pelamar yang telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran. Kedua, seleksi kompetensi dasar (SKD) dilaksanakan bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan seleksi administrasi. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Ketiga, seleksi kompetensi bidang (SKB) dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan seleksi kompetensi dasar (SKD). Cakupan materi SKB meliputi Tes Literasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Tes Kemampuan Bahasa inggris, Tes penalaran dan pemecahan masalah, Tes dimensi psikologi daan wawancara. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES