Peristiwa Daerah

Organisasi Persaudaraan Kemanusiaan Bentukan Paus Fransiskus akan Berkunjung ke Indonesia

Selasa, 12 November 2019 - 15:37 | 72.24k
Mantan Menteri Agama Quraish Shihab, mengucapkan selamat kepada Jenderal Fachrul Razi yang ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Agama (FOTO: Kemenag)
Mantan Menteri Agama Quraish Shihab, mengucapkan selamat kepada Jenderal Fachrul Razi yang ditunjuk Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Agama (FOTO: Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOrganisasi Persaudaraan Kemanusiaan yang dibentuk Imam Besar Al Azhar Ahmed Ast-Thayeb bersama Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia, awal Desember 2019.

Kabar itu disampaikan mantan Menteri Agama, Quraish Shihab saat bersilaturahim kepada Menteri Agama, Fachrul Razi di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Organisasi ini mengunjungi Indonesia, kata Quraish Shihab karena Indonesia adalah negara Islam terbesar di dunia yang bisa menerapkan persaudaraan kemanusiaan yang bisa menjadi contoh dunia.

Organisasi Persaudaraan Kemausiaan ini terbentuk dari hasil pertemuan yang dihadiri tokoh agama dunia. Quraish Shihab menjadi salah satu perwakilan Indonesia yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Uni Emirat Arab waktu itu.

Quraish Shihab diundang sebagai anggota dari Majelis Hukama' Al-Islam atau Moslem Elders Councils. Ia juga  salah satu pendiri majelis tersebut bersama beberapa ulama lain dari Maroko, Tunisia, Uni Emirat Arab dan Nigeria.

Majelis Hukama' Al-Islam yang dipimpin Ahmed At-Thayyeb bertujuan menghindarkan kekerasan dalam bentuk apapun serta mengedepankan dialog sambil menegaskan bahwa perbedaan pendapat harus dihormati walaupun tidak disetujui. Pertemuan ini diakhiri dokumen deklarasi bertajuk Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan yang ditandatangani Paus Fransiskus dan Ahmed At-Thayyeb

Selama kunjungannya ke Indonesia, rombongan organisasi ini juga dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden RI Jokowi untuk mendapatkan saran sekaligus menjalin sinergi.

"Pertemuan yang penting itu targetnya bagaimana Indonesia bisa tampil memberikan contoh yang baik kepada bangsa lain," ujar mantan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta ini.

Memang belum dipastikan hari dan tanggalnya. Namun Quraish Shihab memastikan bahwa Organisasi Persaudaraan Kemanusiaan yang dibentuk Imam Besar Al Azhar Ahmed Ast-Thayeb bersama Paus Fransiskus ini akan berkunjung ke Indonesia awal Desember 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES