Peristiwa

Prediksi Hujan Lebat Pekan Ini, BMKG RI Imbau Masyarakat Waspada

Selasa, 12 November 2019 - 11:45 | 72.63k
BMKG RI mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi curah hujan lebat pekan ini (Foto: TIMES Indonesia)
BMKG RI mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi curah hujan lebat pekan ini (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika RI (BMKG RI) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia pekan ini.

Deputi Metereologi BMKG, Mulyono R Prabowo menjelaskan potensi hujan lebat itu sebagai dampak melemahnya intensitas Siklon tropis NAKRI di Laut Cina Selatan yang menyebabkan angin timuran di selatan ekuator turut mengalami pelemahan dan meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia.

"Daerah pertemuan dan belokan angin diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Kondisi atmosfer yang tidak stabil di sebagian besar wilayah tersebut juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan," jelas Mulyono

Selain potensi hujan lebat, potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter pada periode 11-17 November 2019 diperkirakan juga berpeluang terjadi di Perairan barat Kep Simeulue-Kep Mentawai, Perairan barat P Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga P Lombok, Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan NTB.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Untuk memperoleh informasi terkini, BMKG RI membuka layanan informasi cuaca 24 jam baik melalui Call Center 021-6546315/18, situs resmi BMKG juga media sosial Twitter resmi BMKG. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES