Peristiwa Nasional

Google Doodle Rayakan Hari Ayah Indonesia dengan Animasi Lucu

Selasa, 12 November 2019 - 11:32 | 248.36k
Google Doodle Hari Ayah.
Google Doodle Hari Ayah.

TIMESINDONESIA, JAKARTAHari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November di Indonesia. Google ikut merayakannya dalam bentuk Doodle. Google Doodle Hari Ayah ini menampilkan ilustrasi seekor bebek bersama enam ekor bebek kecil dengan beragam warna khas Google. Ada tiga mode yang bisa dipilih, masing-masing menampilkan keakraban sang ayah dan anak-anaknya.

Pada animasi pertama, bebek-bebek kecil akan bergerak-gerak mengelilingi si bebek besar. Sementara pada animasi kedua bebek-bebek tersebut seolah sedang bermain petak umpet. Di bagian lain, bebek besar akan membuat gelembung-gelembung dan mengarahkan gelembung itu pada anak-anaknya yang beberapa saat gelembung itu akan pecah dan anak-anak kemudian akan jatuh tercebur ke air.

Google Doodle hari ini hanya untuk wilayah Indonesia, karena hari ayah dirayakan pada waktu yang berbeda-beda di setiap negara. Di Amerika Serikat, misalnya, budaya merayakan Hari Ayah sudah dimiliki sejak Juni 1910 di Negara Bagian Washington. Di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, para ayah diberi penghargaan setiap 19 Maret (St Joseph's Day).

Hari Ayah dirayakan pertama kali pada tahun 12 November 2006. Hal ini berawal dari prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang tergugah akan pertanyaan kapan orang-orang bisa merayakan hari ayah. Sebab saat itu hanya hari ibu yang selalu muncul di perayaan-perayaan.

PPIP pun berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta untuk menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia.

Mereka juga mencari tahu, bolehkah seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah jika hari tersebut memang belum ada. Namun, mereka belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Pada hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES