Peristiwa Daerah

Gelar Kuliah Umum Astronomi, UAD Hadirkan Kepala LAPAN

Selasa, 12 November 2019 - 08:58 | 107.01k
Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin ketika memberikan kuliah umum di Kampus UAD. (FOTO: Reno Diqqi Alghazali/TIMES Indonesia)
Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin ketika memberikan kuliah umum di Kampus UAD. (FOTO: Reno Diqqi Alghazali/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menghadirkan Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin, M.Sc, Senin (11/11/19). Kehadiran Thomas di Amphitarium Kampus Utama UAD dalam rangka memberikan kuliah umum tentang astronomi di depan 350 peserta. Mereka terdiri dari para mahasiswa, komunitas astronomi, dinas pariwisata se Yogyakarta, pusat tarjih PP Muhammadiyah, dan masyarakat umum.

Kuliah umum bertema Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Astronomi Inklusi ini dibuka oleh Rektor UAD Dr Muchlas MT.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LAPAN mengatakan, LAPAN memiliki visi dan cita-cita sebagai pusat unggulan dalam bidang penerbangan dan antariksa. Hal ini untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri. Berbagai riset bidang penerbangan dan antariksa pun telah dilakukan untuk meraih cita-cita tersebut.

“Saat ini LAPAN melakukan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan,” kata Thomas.

Untuk mendukung hal tersebut, LAPAN memiliki tujuh program utama yang terdiri dari: pengembangan teknologi satelit, pengembangan teknologi aeronautika (pesawat transport dan sistem pemantau maritim berbasis pesawat tanpa awak). Kemudian, ada pula pengembangan roket sonda untuk menjadi roket peluncur satelit, pengembangan bank data penginderaan jauh.

“Kami juga melakukan pengembangan sistem pemantau bumi nasional, pengembangan sistem pendukung keputusan dinamika atmosfer ekuator, dan pengembangan sistem pendukung keputusan cuaca antariksa dan observatorium nasional,” papar Thomas.

Ketua Pusat Studi Astronomi UAD, Yudhiakto Pramudya, Ph.D mengatakan kegiatan ini sebagai momentum para mahasiswa, dosen, dan masyarakat belajar bersama ilmu pengetahuan astronomi. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pusat studi Astromomi (PASTRON), Pusat studi CIRNOV, pusat studi Pariwisata dan Bisnis Kreatif (COTRES), Pusat studi PSLDA, serta FAI, LPSI dan Pusat Tarjih PP Muhammadiyah.  Realisasi MoU dengan pusat-pusat studi yang ada di UAD berkaitan dengan aktivitas LAPAN.

“Peserta mengunjungi fasilitas penelitian dan pendidikan di kampus terpadu UAD yang berlokasi di lantai 10. Sebab, gedung ini memiliki fasilitas observatorium yang terdapat bagian utama berupa kubah dengan teleskop besar di dalamnya. Selain itu, terdapat juga ruang workshop yang menjadi ruang pembuatan berbagai alat peraga bagi pelajar baik yang umum maupun untuk penyandang disabilitas,” terang Yudhiakto yang juga sebagai ketua acara kuliah umum.

Observatorium didesain secara universal untuk dapat mendukung pembelajaran astronomi yang inklusif. Sehingga, kegiatan kuliah umum yang mendatangkan Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin yang diselenggarakan oleh UAD dan LAPAN dapat mengembangkan bersama pusat riset dan pendidikan astronomi dan kedirgantaraan yanginklusif yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi semua orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES