Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Memahami Kebijakan Publik Di Era Sekarang (Milenial)

Senin, 11 November 2019 - 12:33 | 193.74k
Yolawati (Mahasiswa Prodi Administrasi Negara, FIA Unisma Malang
Yolawati (Mahasiswa Prodi Administrasi Negara, FIA Unisma Malang
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGBUKU yang berjudul Kebijakan Publik: evaluasi, reformasi dan formulasi dengan dirancangnya buku ini tentunya untuk memberikan pehamanan secara berhubungan dengan  proses administratif yang ada di dalam masing-masing tahapan kebijakan publik terutama pada aspek tahapan evauasi, reformasi dan formulasi.

Proses kebijakan publik tidak terlepas dari kebutuhan,tuntutan, kepentingan dan agenda setting semua pihak dalam pemerintahan. Kebijakan publik dibuat untuk menjawab persoalan-persoalan yang muncul dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai aspek dan ketentuan yang berlaku di dalamnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kebijakan publik pastinya diikuti oleh reformasi yang melekat dalam aspek-aspek kebijakan publik. Reformasi kebijakan, implemetasi kebijakan maupun evaluasi kebijakan adalah tindakan kebijakan publik yang dilakukan berdasarkan kepentingan kepada publik, di samping itu untuk membentuk sebuah pencapaian tujuan dari kebijakan tersebut agar tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Resensi-Buku-Kebijakan-Publik.jpg

Buku ini juga mengupas bagaimana kita bisa memahami tentang kebijakan publik saat ini dan mengingat kebijakan publik hari ini sangat membutuhkan penanganan secara serius karena menyangkut kepentingan umum, masyarakarat, maupun negara. Disini Kebijakan publik membutuhkan sebuah reformasi untuk mengantarkan pada kebijakan publik yang lebih baik lagi, berkualitas, dan dapat di implementasiakan dalam kehidupan kita. Untuk menghasilkan reformasi kebijkan publik dibutuhkan evaluasi-evaluasi dalam mendukung perbaikan dan peningkatan kuaitas kebijakan publik itu sendiri.

Evaluasi kebijakan menjadi pola penting untuk mengetahui apakah kebijakan yang sudah diimplementasikan itu berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hasil yang baik, kecepatan dalam pelaksanaan, ketepatan sasaran, dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Setelah evaluasi kebijakan dilakukan dengan berbagai rekomendasi dan saran maka dibutuhkan sebuah reformasi kebijakan dalam hal ini reformasi menjadi penghubung antara evaluasi dan formulasi kebijakan. Evaluasi dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan perubahan dalam kebijakan itu sendiri, apakah mengganti kebijakan yang sudah ada dengan kebijakan yang baru atau melanjutkan kebijakan yang sudah ada dengan pola dan metode yang lebih baik lagi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selanjutnya, Kebijakan sering kali gagal karena tidak disertai dengan formulasi (perencanaan) yang baik, benar dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kebijakan yang baik dipengaruhi oleh berbagai unsur dan banyak aspek yang menentukan mulai dari awal mula sebuah kebijakan akan dilakukan hingga reformasi kebijakan untuk mendapatkan kebijakan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan.

A.  KELEBIHAN BUKU

Kelebihan dari buku ini salah satunya adalah kita dapat memahami tentang sebuah kebijakan publik saat ini serta dapat menjadi jalan kita bagaimana mereformasikan birokrasi, formulasi, implementasi dan evaluasi kebijakan yang tepat, baik untuk menuju good governance. Bahasa yang di gunakan penulis mudah mengerti oleh pembaca serta cover buku ini juga bagus, simple dan buku ini bisa di jadikan salah satu referensi bagi mahasiswa maupun aparatur sipil negara dalam penyelenggaraan kebijakan publik.***

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES