Kesehatan

Benarkah Temulawak Efektif Menambah Nafsu Makan?

Selasa, 12 November 2019 - 04:11 | 93.94k
ILUSTRASI - Nafsu Makan Meningkat. (FOTO:  OkayDoc.com)
ILUSTRASI - Nafsu Makan Meningkat. (FOTO: OkayDoc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTATemulawak dikenal mampu mengatasi masalah pencernaan, mengobati jerawat, menjaga kesehatan hati, hingga yang paling terkenal sebagai penambah nafsu makan anak. Benarkah temulawak bisa menambah nafsu makan?

Tidak sedikit yang meyakini keampuhan temulawak dalam menambah nafsu makan. Klaim ini juga didukung oleh sebagian ahli, walaupun banyak pula yang menentangnya karena belum terdapat bukti yang menjanjikan.

Beragam penelitian memang telah membuktikan khasiat temulawak untuk kesehatan sistem pencernaan. Sayangnya, belum terdapat penelitian yang secara gamblang menyatakan bahwa temulawak dapat meningkatkan nafsu makan.

Meski tidak secara langsung berperan sebagai penambah nafsu makan, bukan berarti temulawak tidak bermanfaat untuk anak Anda. Pasalnya, temulawak dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan yang menjadi penyebab nafsu makan menurun.

Contohnya, beberapa anak mungkin tidak mau makan karena mengalami kembung, sakit perut, atau maag. Nah, kurkumin dalam temulawak bisa membantu mengatasi masalah tersebut agar nafsu makan anak kembali normal.

Temulawak mungkin belum terbukti ampuh menambah nafsu makan. Meski demikian, konsumsi kurkumin dalam temulawak tetap memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES