Wisata

Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Pelopori Pengurangan Kantong Plastik

Senin, 11 November 2019 - 09:05 | 279.77k
Empat Gajah ikut memeriahkan HUT ke-66 Kebun Binatang Gembira Loka Zoo. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
Empat Gajah ikut memeriahkan HUT ke-66 Kebun Binatang Gembira Loka Zoo. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAKebun Binatang Gembira Loka berkomitmen ikut mengurangi penggunaan kantong plastik. Komitmen ini sejalan dengan keberadaan Gembira Loka Zoo sebagai lembaga konservasi alam yang menjadi pusat pengetahuan tentang ekosistem dan likungan hidup.

“Kita akan ikut mengurangi penggunaan kantong plastik. Sebab, sampah plastik akan mengancak kehidupan manusia bila penggunaan plastik tidak segera diatasi,” kata Ketua Yayasan GL Zoo, Drs H GBPH Yudhaningrat MM yang dibacakan oleh Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo  (Joko) pada acara upacara bendera Peringatan  HUT ke-66 GL Zoo di halaman kebun binatang setempat, Minggu (10/11/2019).

Karena itu, di hari jadinya yang ke-66 Kebun Binatang Gembira Loka Zoo bertekad untuk melakukan sebuah gerakan yang signifikan terhadap limbah plastik. Sebab, saat ini penggunaan peralatan plastik sekali pakai telah menjadi permasalahan dan kebiasaan buruk sehari-hari bagi masyarakat luas, termasuk pengunjung dan karyawan kebun binatang setempat.

“Kita semua harus menyukseskan pengurangan penggunaan kantong plastik,” terangnya Gusti Yudha.

Menurut  Gusti Yudha, diet plastik bisa dimulai dari membenahi lingkungan kerja sendiri. Caranya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan atau gelas plastik, kantong plastik, kemasan botol plastik. Kemudian, mengganti peralatan-peralatan serta bahan-bahan yang ramah lingkungan. Termasuk membuat stasiun pengisian air minum bagi pengunjung dan karyawan.

“Pengelolaan air limbah dan pemanfaatan air sungai atau kolam untuk kebutuhan air bersih di lingkungan Gembira Loka Zoo. Kita harus mensejahterakan satwa yang ada dilingkungan ini karena itu sudah menjadi kewajiban Gembira Loa Zoo sebagai Lembaga Konservasi,” papar Gusti Yudha.

Sebagai bentuk komitmen menjaga alam dan satwa, Gembira Loka Zoo akan mempersiapkan diri untuk dapat lolos dalam penilaian mutu kesejahteraan satwa tingkat regional, South East Asian Zoos Association (SEAZA). Karena itu, peningkatan kesejahteraan satwa dan pengelolaan lingkungan harus menjadi prioritas.

“Kita semua berkewajiban menjaga alam ekosistem yang ada di sekitar kita,” ujar Gusti Yudha.

Pada puncak acara HUT Gembira Loka Zoo dimeriahkan dengan tampilnya empat gajah koleksi kebun binatang tersebut. Keempat gajah betina itu, bernama Subaya, Gilang, Natasya dan Cempaka diberikan kado berupa gunungan berisi buah-buahan segar. Seperti, apel, pisang, mentimun, jambu, rambutan, dan belimbing.

Selain itu, manajemen Gembira Loka Zoo mengangkat sepuluh karyawan kontrak menjadi karyawan tetap. Ada pula karyawan yang mendapatkan penghargaan pin emas bagi dua belas karyawan yang telah mengabdi selama lebih 25 tahun. Para karyawan Kebun Binatang Gembira Loka pun diminta mengurangi penggunaan kantong plastik bagi dilingkungan kerja, rumah maupun di dimana saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES