Peristiwa Daerah

Hari Pahlawan, Sutiaji: Kenalkan Nilai Kepahlawanan Lewat Pendidikan Karakter

Minggu, 10 November 2019 - 22:43 | 179.89k
Wali Kota Malang Sutiaji saat memperingati Hari Pahlawan di Balaikota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memperingati Hari Pahlawan di Balaikota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji menekankan pentingnya mengenalkan nilai kepahlawanan kepada anak sejak dini melalui pendidikan karakter. Hal itu disampaikan Sutiaji saat peringatan Hari Pahlawan di Halaman Depan Balaikota Malang, Minggu (10/11/2019).

Dengan mengambil tema "Aku Pahlawan Masa Kini", peringatan Hari Pahlawan dimaknai dengan semangat membangkitkan inovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

Dalam sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Sutiaji, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Hari-Pahlawanebb7cc150c8d18d3.jpg

"Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional," ujar Sutiaji.

Ia juga menambahkan bahwa musuh bangsa saat ini bukan lagi seperti dulu. Saat ini bangsa Indonesia lebih banyak menghadapi masalah-masalah perpecahan akibat isu sara, ujaran kebencian serta berita hoaks yang sering beredar karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Sehingga sudah menjadi kewajiban kita bersama khususnya generasi muda untuk menangkal hal tersebut. Untuk itu penting bagi kita melaksanakan pendidikan karakter agar melalui kegiatan itu kita dapat mengajarkan pentingnya mengenang para pahlawan sekaligus menanamkan nilai kebangsaan pada anak-anak," tegas Sutiaji.

Hari-Pahlawan.jpg

Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Edisi-Selasa-12-November-2019-E-Koran-Medsos-PEMKOT-HARI-PAHLAWAN.jpg

"Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju," beber Wali Kota Malang Sutiaji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES